Home Kesehatan Dokter Positif Covid-19 Meninggal, Anak dan ART Tertular

Dokter Positif Covid-19 Meninggal, Anak dan ART Tertular

Slawi, Gatra.com - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah terus bertambah. Dua tambahan pasien positif baru, Kamis (11/6), merupakan anak dan asisten rumah tangga (ART) seorang pasien positif berinisial EP, yang merupakan seorang dokter di RSUD Kardinah Kota Tegal.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal Joko Wantoro mengatakan, hasil pemeriksaan swab terhadap sejumlah kontak erat EP yang keluar Kamis (11/9) siang menunjukkan ada dua orang yang positif Covid-19.

"Mereka adalah seorang perempuan, berinisial A (7), anak kandung dari EP, dan seorang perempuan, berinisial H (54), asisten rumah tangga EP," kata Joko, Kamis (11/6).

Seperti diketahui, EP (39) merupakan seorang dokter spesialis di RSUD Kardinah Kota Tegal yang terpapar Covid-19 dari ibu dan adiknya. EP meninggal saat hendak dirujuk dari RSUD Kardinah ke RSUP dr Kariadi Semarang, Kamis (4/6).

Joko melanjutkan, setelah terkonfirmasi positif, perawatan A dilakukan di rumah dengan isolasi mandiri. Hal ini menurut Joko sesuai dengan arahan terbaru dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan dokter penanggungjawab pasien.

“Pertimbangannya, pasien A masih anak-anak, kondisinya sehat dan klinisnya baik serta tidak ditemukan adanya keluhan. Justru akan timbul risiko lain jika perawatannya dilakukan di rumah sakit untuk jangka waktu yang cukup lama, karena anak rentan terpapar infeksi nosokomial atau infeksi yang terjadi di lingkungan rumah sakit,” jelas Joko.

Joko mengatakan, pengawasan medis selama proses penyembuhan akan dilakukan petugas kesehatan dari Puskemas terdekat, yaitu Puskesmas Pagiyanten dan Adiwerna.

"Ayahnya juga bisa mendampingi anaknya lebih intensif dan tidak perlu khawatir akan tertular. Secara teori, tidak ada penularan Covid-19 dari anak ke orang dewasa," sebut Joko.

Sedangkan untuk pasien H, warga Desa Pagiyanten, Kecamatan Adiwerna, menurut Joko sudah dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soeselo Slawi sejak Kamis (11/6) siang.

“Kondisi klinis pasien ini baik dan mudah-mudahan lekas sembuh,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan dua pasien Covid-19 ini, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tegal total menjadi 23 orang. Rinciannya, 12 orang sembuh, tujuh orang sedang menjalani perawatan dan empat orang meninggal dunia.

257