Home Ekonomi Pertamina Rangkul UMKM Melalui Program Kemitraan BUMN

Pertamina Rangkul UMKM Melalui Program Kemitraan BUMN

Semarang, Gatra.com – Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program kemitraan BUMN sesuai Peraturan Menteri BUMN No. Per-09/MBU/07/2015 dan No. Per-02/MBU/04/2020 mengenai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV terus menyalurkan dana program kemitraan kepada pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Hal ini diungkapkan oleh Unit Manager Communication & CSR MOR IV, Anna Yudhiastuti dalam keterangannya hari Kamis (25/6). Menurutnya, masih banyak pelaku UMKM yang belum mengetahui program kemitraan tersebut.

“Program Kemitraan BUMN merupakan program permodalan bagi UMKM untuk memudahkan mereka menjalankan usaha serta dapat berkembang lebih maju lagi,” ujar Anna.

Program ini sebenarnya diselenggarakan sebagai upaya merangkul pelaku UMKM terutama yang sulit mendapatkan akses ke perbankan (non bankable). “Seluruh BUMN ditugaskan oleh kementerian BUMN untuk membantu para pelaku UMKM yang kesulitan tersebut sehingga nawa cita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dapat tercapai,” ucap Anna.

Nilai permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan (sebutan untuk peserta program kemitraan) senilai maksimal Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) dengan jangka waktu/tenor maksimal 3 tahun. Adapun jasa administrasi dari permodalan tersebut sebesar 3% per tahun.

“Jasa administrasi tersebut diperuntukkan bagi mitra binaan guna mengoptimalkan usahanya. Berbeda dengan bunga bank, jasa administrasi akan digunakan untuk pelatihan, pembinaan, ikut serta pameran dan program lainnya sebagai penunjang pelaku UMKM yang telah bergabung menjadi mitra binaan kami,” kata Anna.

Sebagai BUMN, Pertamina senantiasa terus menjalankan program-program yang mendukung kemandirian ekonomi salah satunya program kemitraan BUMN ini. Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau bagi yang berada di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dapat menghubungi kantor Pertamina Marketing Operation Region IV divisi Communication & CSR pada nomor telepon (024) 3545341 ext. 5853/5854.

Persyaratan pelaku UMKM yang ingin ikut serta program kemitraan pun terbilang cukup mudah yaitu:

1. Surat pernyataan sedang tidak dibina BUMN lain

2. Surat Persetujuan Istri/Suami

3. Surat Izin Usaha atau Keterangan Lurah

4. Fotokopi KTP

5. Foto tempat usaha

6. Denah lokasi usaha

7. Surat kuasa agunan/jaminan dan foto lokasi/denah agunan

1588