Home Olahraga Wow! Apparel Indonesia ini Jalin Kerjasama dengan Klub Eropa

Wow! Apparel Indonesia ini Jalin Kerjasama dengan Klub Eropa

Jakarta, Gatra.com - Sebuah prestasi membanggakan diukir X Ten, perusahaan apparel olahraga asal Bogor yang berdiri pada 10 Oktober 2020 yang lalu. X Ten mengumumkan kerja sama ekspansi ke luar negeri. Tak tanggung-tanggung, klub yang digandeng untuk bermitra ini adalah tim di Liga Spanyol, C.D Polillas Ceuta.

Dengan durasi kontrak selama satu musim ke depan, tim yang berlaga di Tercera Division atau kasta keempat Liga Spanyol ini akan menggunakan apparel asal Indonesia. 

 

"Proses negosiasi berjalan hampir satu bulan. Alhamdulillah kami dibantu orang Indonesia di sana yang merupakan kawan dekat juga, kata Direktur Marketing X Ten, Edi Kurnia kepada wartawan, pada Sabtu malam (14/11).

 

Mantan kiper Persib Bandung, Pelita Bandung Raya dan Persikabo ini menambahkan, alasan memilih Polillas Ceuta karena mayoritas penduduk Kota Ceuta beragama Islam. Selain itu, klub tersebut telah diakuisi oleh perusahaan Indonesia. 

 

"Meski hanya bermain di divisi keempat, tapi karena bermain di Liga Spanyol tentu punya rasa bangga. Kami ingin menunjukkan kepada dunia, khususnya Eropa, jika Indonesia bisa bersaing dan memiliki kualitas yang sangat baik. Ini juga menjadi pembuka bagi apparel lokal lainnya," ujarnya.

 

C.D Polillas Ceuta bermarkas di kota Ceuta, sebuah wilayah otonom Spanyol di Afrika Utara. Berbatasan dengan Maroko, iklim, cuaca maupun sisi demografis penduduk kota ini amat mirip dengan Indonesia, sehingga kelak diharapkan menjadi tujuan pemain-pemain muda kita berlatih meningkatkan skill sepak bola secara profesional.

"Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, bisa menyalurkan para pesepakbola muda berbakat Indonesia untuk bermain di Eropa. Atau juga kerjasama dalam aspek lain, seperti pertukaran pemain misalnya, ungkap Kurnia.

 

Seperti diketahui, Polillas Ceuta resmi diakuisi Akademi sepakbola Indonesia, yakni ASIOP pada 8 Juli 2020. Akuisisi dilakukan lewat Batavia Sports Group (BSG) yang merupakan kolaborasi antara ASIOP dan Batavia Pictures. Langkah ini diharapkan bisa menjadi jembatan pemain Indonesia ke Eropa. 

 

Lebih lanjut, kata Edi mengungkapkan selain Polillas Ceuta ada beberapa klub Spanyol lainnya yang akan digandeng. Demikian pula untuk pasar domestik. 

 

"X Ten terus melakukan berbagai langkah penjajakan dengan mitra lokal. Saat ini kami masih melakukan penawaran dan bernegosiasi, termasuk juga dengan beberapa klub Liga satu. Kita tunjukkan bahwa bisnis olah raga bisa terus berkembang di masa pandemi seperti ini, pungkasnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia, Ignatius Indro menyambut baik kerjasama XTEN dengan klub liga Spanyol tersebut kerjasama seperti ini sangat bagus, dan ini menunjukan kalau kualitas apparel kita bisa bersaing di dunia internasional dan ini harus didukung. 

 

"Semoga ini juga diikuti dengan meningkatnya kualitas sepak bola indonesia secara keseluruhan," kata Indro.

 

1123