Home Olahraga Napoli Bisa Jadi Penghalang Ambisi Barcelona

Napoli Bisa Jadi Penghalang Ambisi Barcelona

Nyon, Gatra.com - Langkah Barcelona di Liga Europa musim ini terbilang berat. Dalam laga undian playoff untuk lolos ke babak 16 besar, pasukan Xavi Hernandez ini harus bertemu dengan wakil Italia Napoli.

Tak pelak, meski memiliki nama besar, ambisi Barcelona untuk berjaya di kompetisi kasta kedua antarklub Eropa ini tidak mudah. Sebab lawan yang dihadapi, prestasinya menanjak musim ini. Meski saat ini berada di peringkat ketiga klasemen Serie A Itala, Napoli beberapa pekan sebelumnya sempat memuncaki klasemen.

Baca Juga:

Duel Messi dan Ronaldo Jadi Kenyataan, MU Ditantang PSG

Bulan Desember Tak Bersahabat dengan Barcelona

Barcelona sendiri masuk ke babak playoff Liga Eruopa, usai berada di peringkat ketiga klasemen fase Grup F Liga Champions. Barca pun harus angkat koper karena kalah bersaing dengan Bayern Munchen dan Benfica. Ini menjadi musim terburuk Barca dalam 17 tahun terakhir di Liga Champions.

Adapun Napoli lolos ke babak playoff usai menempati peringkat kedua fase Grup C Liga Europa. Napoli harus mengakui wakil Rusia Spartak Moskwa yang menjadi juara grup, dan lolos langsung ke babak 16 besar.

Sesuai aturan, peringkat ketiga di fase grup Liga Champions harus menjalani babak playoff dulu. Laga ini sebagai seleksi awal sebelum ikut di babak 16 besar Liga Europa. Pasalnya yang langsung lolos ke babak 16 di Liga Europa hanya 8 juara grup saja.

Pemenang dari babak playoff ini kemudian akan bertemu 8 tim juara grup Liga Europa. Pengundian untuk babak 16 besar akan diadakan pada 25 Februari 2022. Leg pertama akan dimainkan pada 10 Maret, dan leg kedua akan dimainkan pada 17 Maret 2022.

Sebelumnya, arsitek Barcelona Xavi Hernandez menargetkan juara di Liga Europa. "Saya merasa bertanggung jawab. Liga Europa? Kami harus memenanginya, menang di setiap laga dan mendapat titel," tandasnya.

183