Home Gaya Hidup Penyanyi Opera, Placido Domingo Lakukan Pelecehan Seksual?

Penyanyi Opera, Placido Domingo Lakukan Pelecehan Seksual?

London, Gatra.com - Penyanyi opera, Placido Domingo dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah wanita selama beberapa dekade. Delapan penyanyi dan penari mengklaim mereka telah dilecehkan secara seksual oleh penyanyi Spanyol yang tenar sejak 1980-an ini.

Hanya satu dari perempuan itu, mezzo-soprano Patricia Wulf, yang bersedia disebutkan namanya. Wulf mengatakan, Domingo tidak menyentuhnya secara fisik tetapi ia kerap mendekati Wulf setiap kali dia turun panggung dan bertanya apakah dia "harus pulang malam ini".

Domingo membantah tuduhan itu. Tempatnya berkarya, Los Angeles Opera telah berjanji untuk menyelidiki dengan bantuan "penasihat luar."

Baca Juga: PM Inggris Tinjau Ulang Hukuman Pelecehan Seksual

"Tetap saja, sangat menyakitkan mendengar saya telah membuat marah siapapun atau membuat mereka merasa tidak nyaman dengan tindakan saya, tidak peduli itu peristiwa silam dan terlepas dari niat terbaik saya. Orang-orang yang mengenal saya atau yang telah bekerja dengan saya tahu saya bukan seseorang yang dengan sengaja akan menyakiti, menyinggung, atau mempermalukan siapa pun," kata Domingo, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (13/8).

BBC menulis, enam wanita lain juga mengklaim tenor membuat mereka merasa tidak nyaman dengan membuat "dorongan seksual" terhadap mereka. Wanita lain mengatakan Domingo meletakkan tangannya di roknya pada suatu kesempatan. Tiga lainnya mengatakan dia mencium mereka dengan paksa. Insiden itu terjadi di tempat yang berbeda termasuk ruang ganti, kamar hotel, selama pertemuan, dan di tempat opera.

"Seseorang yang mencoba memegang tanganmu saat jamuan makan siang bisnis itu aneh, atau meletakkan tanganmu di lututmu sedikit aneh. Dia selalu menyentuhmu dengan cara tertentu, dan selalu menciummu," ucap seorang wanita.

Baca Juga: ICMI Minta Hukuman Pelaku Kekerasan Seksual Ditambah

Domingo tadinya dijadwalkan tampil di Philadelphia Orchestra, membuka konser malam pada 18 September mendatang. Namun karena terbongkarnya kasus pelecehan ini, penyelanggara membatalkan undangan atas Domingo.

Domingo saat ini adalah direktur umum Opera Los Angeles. Dia juga pernah menjadi direktur artistik dan kemudian menjadi direktur umum di Washington National Opera.

Penyanyi opera paruh baya ini menambahkan dalam pernyataannya, "Saya menyadari aturan yang berlaku, namun hari ini tentu berbeda dari hari kemarin. Saya diberkati dan memiliki hak istimewa untuk memiliki karir lebih dari 50 tahun di opera. Saya akan mempertahankan diri saya dengan standar tertinggi," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Diminta Usut Kasus Asusila oleh Pejabat Aceh Jaya

Domingo (78 tahun) menjadi salah satu bintang opera terbesar di seluruh dunia. Dia telah menikah dengan istri keduanya, penyanyi sopran Marta Ornelas, sejak 1962.

Dia tampil secara rutin di London, paling baru pada Januari lalu dalam pertunjukkan Royal Opera House di La Traviata. Dia akan menunjukkan kemampuannya di teater Covent Garden, London pada Juni 2020 dalam konsep opera Don Carlo Verdi.

 

246