Home Olahraga Isu Virus Polio Filipina Akankah Ancam SEA Games 2019?

Isu Virus Polio Filipina Akankah Ancam SEA Games 2019?

Manila, Gatra.com – Salah satu isu yang mencuat jelang penyelenggaraan SEA Games 2019 di Filipina adalah penyebaran virus polio. Hal ini tentunya sedikit membuat cemas sejumlah atlet yang dipercaya untuk mewakili Indonesia.

Chief de Mission (CDM) kontingen Indonesia di ajang SEA Games 2019, Harry Warganegara, lantas bertolak ke Manila, Filipina, Selasa (29/10). Tujuannya guna memastikan persiapan yang dilakukan oleh tuan rumah dalam menyambut gelaran multi event dua tahunan terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Dalam keterangan yang diterima Gatra.com disebutkan bahwa dengan didampingi beberapa staf pendukung, Harry bukan hanya meninjau venue yang akan digunakan oleh para atlet Indonesia, namun juga menemui kedutaan besar Indonesia di Filipina. Pihaknya hendak memastikan sejumlah isu yang muncul jelang dimulainya SEA Games 2019 November mendatang.

Baca Juga: Kemenkes Periksa ICV untuk Cegah Polio dari Filipina

''Isu virus polio untuk anak memang ada, tetapi itu terjadi di wilayah selatan. Titik penyebarannya sangat jauh dari tempat penyelenggaraan SEA Games 2019. Itu juga sudah diantisipasi oleh pemerintah setempat. Sehingga saya pastikan atlet kita nanti akan tetap aman,'' ujar Harry optimis.

Kebutuhan para atlet asal Indonesia akan makanan halal juga tak lupa dimasukkan ke dalam agenda kunjungan CDM ke Filipina. ''Makanan untuk atlet Indonesia aman. Panitia juga sudah menyiapkan makanan halal. Jadi tidak akan ada masalah bagi para atlet asal Indonesia selama berada di Filipina,'' sambungnya.

Hanya saja, Harry sedikit menyayangkan sejumlah perubahan jadwal dan venue yang ditetapkan oleh panitia. Hal ini nantinya akan ia kordinasikan kepada pelatih dan penganggung jawab setiap cabang olahraga yang mengalami perubahan jadwal dan tempat pertandingan. Meski demikian, dia optimis perubahannya tidak akan terlalu mengganggu persiapan yang telah dilakukan oleh para atlet Indonesia.

Baca Juga: Vaksin Penting Untuk Cegah Penularan Polio

Harry juga sangat bersyukur karena pihak panitia memberikan banyak sekali kemudahan kepada kontingen Indonesia. Bahkan, tidak akan ada batas jumlah pewarta bagi para jurnalis yang akan melakukan peliputan di SEA Games 2019.

''Pihak KBRI juga sangat mendukung persiapan kami. Selain mewakili kami pada team drawing, mereka juga telah melakukan sejumlah persiapan luar biasa untuk menyambut kedatangan atlet asal Indonesia,'' pungkas Harry.

 

129