Home Olahraga Barcelona Menjadi Klub Dengan Pendapatan Tertinggi

Barcelona Menjadi Klub Dengan Pendapatan Tertinggi

Barcelona, Gatra.com - Barcelona FC, menjadi klub dengan penghasilan tertinggi untuk pertama kalinya pada musim 2019 lalu. Dengan jumlah pendapatan mencapai £741,1 juta di musim 2018-2019. Jumlah tersebut menggeser posisi Real Madrid ke posisi kedua dengan total pendapatan £667,5 juta.

Sedangkan, untuk Manchester United, menempati posisi ketiga dengan total pendapatan £627,1 juta. Bahkan, tim Setan Merah ini berisiko kehilangan posisi sebagai klub dengan pendapatan tertinggi di Liga Premier tahun depan.

Dikutip BBC, Selasa (14/1) Deloitte Football Money League edisi ke-23 ini mencatatkan sejarah kesenjangan yang sangat jelas antara posisi pertama dan kedua. Kesenjangan antara Barca dengan Real Madrid sekitar £83 juta belum pernah terjadi sebelumnya.

Lompatan substansial Barca dalam pendapatan tahun-ke-tahun diserahkan kepada klub yang bertanggung jawab atas kegiatan merchandising dan perizinannya sendiri.

Mitra Bisnis Olahraga di Deloitte, Dan Jones mengatakan, Barca mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar.

"Barca adalah contoh yang jelas dari sebuah klub yang beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, mengurangi ketergantungan pada pendapatan siaran dan fokus pada peningkatan pendapatan dalam kontrolnya," katanya.

Deloitte berharap Barca akan tetap nomor satu di klasemen tahun depan dan menyatakan klub Catalan akan mencapai ambisi yang dinyatakannya untuk menjadi yang pertama yang menghasilkan pendapatan lebih dari satu miliar euro di tahun-tahun mendatang.

 

130