Home Kebencanaan Persiapan 'New Normal', Hendi Minta OPD Berinovasi

Persiapan 'New Normal', Hendi Minta OPD Berinovasi

Semarang,Gatra.com - Wali Kota Semarang  Hendrar Prihadi meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berlomba-lomba menciptaka terobosan baru dalam menyongsong era new normal.
 
"Saya sudah minta dinas-dinas untuk berkreasi menciptakan terobosan - terobosan baru dalam new normal. Sebab, kehidupan akan terus berjalan meskipun di tengah pandemi," ujar Hendi sapaan akrabnya kepada wartawan, Selasa (26/5).
 
Terobosan ini, kata Hendi, akan mulai diterapkan pada tanggal 8 Juni 2020 mendatang.
 
"Maksimal tanggal 6 Juni seluruh organisasi perangkat daerah harus sudah menyetorkan inovasi apa yang mereka ciptakan, karena tanggal 8 Juni sudah mulai diterapkan," imbuhnya.
 
Hendi mencontohkan, dari segi pendidikan misalnya, siswa SD kelas 5 dan kelas 6 sudah mulai aktif bersekolah pada 8 Juni mendatang.
 
"Misalnya, mulai tanggal 8 Juni, siswa SD kelas 5 dan 6 sudah mulai bersekolah. Sementara kelas 1 sampai 4 masuk seminggu dua kali, atau bisa juga antar murid diberikan pembatasan berupa plastik mika," jelasnya.
 
Selain itu, Pemkot Semarang juga tengah merancang sejumlah program dan kegiatan sebagai daya ungkit perekonomian, yang fokus pada UMKM. 
 
"Tapi pasti prosesnya tidak singkat, jadi kami meminta masyarakat untuk tetap beraktifitas dengan protokol yang ketat," pintanya.
 
Hendi juga meminta masyarakat untuk tidak malu memerikskan diri jika terindikasi terinfeksi covid-19 atau virus corona.
 
"Kalau memang merasa ada gejala diperiksakan. Tidak usah malu atau tidak usah takut, kalau ada saudara yang punya gejala juga jangan dijauhi tapi justry di dorong untuk berobat. Kalau konsep ini sudah ada di kehidupan kita, itu berarti kita sudah siap menjalani hidup berdampingan dengan virus corona," tandasnya.
 
128