Home Kebencanaan Kekeringan, 3 Daerah di Jawa Tengah Tak Diguyur Hujan

Kekeringan, 3 Daerah di Jawa Tengah Tak Diguyur Hujan

Semarang, Gatra.com - Sejumlah daerah di Jawa Tengah bakal mengalami kekeringan ekstrim di musim kemarau tahun ini.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko mengatakan, daerah tersebut meliputi Kebumen bagian Selatan, Klaten bagian Selatan, dan Wonogiri bagian Barat.

"Tiga daerah tersebut bakal mengalami lebih dari 60 hari tanpa hujan yang terpantau dari monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) di Dasarian III Juli 2020," ujarnya, Senin (3/8).

Sementara, lanjutnya, wilayah dengan kriteria sangat panjang (31 – 60) hari tanpa hujan terjadi Karanganyar Selatan, sebagian Sragen Selatan, Sukoharjo Selatan, Klaten, Wonogiri, Magelang, Kebumen Tengah, dan Purworejo.

"Untuk wilayah Brebes Barat, Tegal Selatan, Jepara bag Tengah, Rembang, Grobogan, Kab Semarang, Boyolali, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga akan mengalami wilayah dengan kriteria panjang (21-30 hari tanpa hujan)," ujarnya.

Dengan kondisi ini, Iis mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi kekeringan panjang, dan kebakaran hutan atau lahan pada musim kemarau tahun ini.

"Saya minta masyarakat untuk menghemat pemakaian air, dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan api seperti membakar sampah atau lahan kering," katanya.

547