Home Sumatera Pastikan Aman Melayani Wisatawan, Pelaku Parekraf Divaksin

Pastikan Aman Melayani Wisatawan, Pelaku Parekraf Divaksin

97
Medan, Gatra.com- Sebagai jaminan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf/Baparekraf) melalui Direktorat Pengembangan Destinasi I , Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur menggelar serbuan vaksin bagi pelaku Pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) serta warga dan pelajar di Simalungun. 
 
Acara yang digelar di Sidamanik tersebut merupakan bagian dari program Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan ekonomi melalui dunia pariwisata. Kemenparekraf berharap dengan dilaksanakannya vaksinasi bagi warga dan pelaku Parekraf di Simalungun tersebut dapat menumbuhkan kekebalan tubuh dalam menghadapi covid 19. 
 
"Vaksinasi ini digelar pekan lalu, tepatnya 18-19 November. Selain vaksin kita juga meminta warga harus ketat dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Serta harus menjadiaknnya satu ketentuan dalam menerima dan melayani wisatawan di Kawasan Danau Toba (KDT)," terang Sub Koordinator Destinasi Area I, Andhy Marpaung, di Simalungun, Senin (22/11).
 
Sentra vaksinasi yang dilaksanakan di Simalungun terselenggara atas kerja sama Kemenparekraf/Baprekraf dengan Polda Sumut, Polres Simalungun, Antis, ENESIS GROUP, Homecare24, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun serta Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun. 
 
Sebelumnya dalam keterangan pers tertulis, Direktur Pengembangan Destinasi I, Harwan Ekoncahyo mengatakan, kehadiran sentra vaksinasi ini diharapkan dapat membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Simalungun yang ditargetkan mencapai angka 70  persen akhir tahun.
 
"Ini yang akan membantu target Pak Bupati mencapai angka 70 persen di akhir tahun. Sehingga, ketika nantinya ada liburan Hari Natal dan Tahun Baru, Simalungun sudah lebih siap dan terlindungi dari COVID-19," katanya. 
 
Menurut data yang dihimpun oleh Kemenkes per tanggal 18  November  2021, tingkat vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Simalungun baru mencapai 393.387 atau 49,90 persen untuk vaksinasi dosis pertama, sementara vaksinasi dosis kedua mencapai 274.797 atau 34,86 persen. Harwan mengajak masyarakat dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi yang disertai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.
 
Program serbuan Vaksinasi ini juga  berkolaborasi dengan Homecare24 yang menyediakan bantuan tenaga registrasi pada setiap sentra vaksin dan Enesis Group melalui Antis akan menyerahkan bantuan berupa produk Hand Sanitizer sebanyak  250.000 pcs kepada Polres Simalungun  dan  250.000 pcs kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun untuk dibagikan kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat menekan penyebaran virus ini di masyarakat.
 
Dalam serbuan vaksin ini juga akan dibagikan 4.000 godie bag yang berisi vitamin, handsanitizer kepada peserta vaksin. Diharapkan apabila masyarakat sehat dan sudah divaksin tentu akan  mengangkat kembali perekonomian.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS