Home Kalimantan Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Sampel, Omicron di Kalsel Menyebar Sejak Pertengahan Januari 2022

Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Sampel, Omicron di Kalsel Menyebar Sejak Pertengahan Januari 2022

1301

Banjarmasin, Gatra.com - Omicron, varian baru Covid -19 terdeteksi menyebar masuk Kalimantan Selatan (Kalsel) sejak pertengahan Januari 2022. Hal itu didapat menyusul hasil pemeriksaan sampel yang dikirim ke laboratorium Kesehatan Kementerian Kesehatan 17 Januari lalu dan hasilnya diterima Senin 7 Februari 2022 malam.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Muhammad Muslim mengungkapkan, dari 19 sampel yang dikirim, baru 9 yang sudah diketahui hasilnya dan dipastikan Omicron. Sedangkan 10 sampel lainnya masih dalam proses pemeriksaan di laboratorium.

"Dari 9 sampel yang dinyatakan positif varian Omicron itu, beberapa diantaranya merupakan pelaku perjalanan dari luar daerah," beber Muslim kepada Gatra.com di Banjarmasin, Rabu (9/2).

Dipaparkan, ada kasus positif yang ditangani rumah sakit Ansari Saleh yang berasal dari Semarang dan Jawa Timur. Mereka diketahui positif saat berada di Kalsel, dan hanya menunjukkan gejala ringan. "Saat ini kasus dari luar pulau tersebut, sudah sembuh dan mereka kembali ke daerah masing – masing," ujarnya.

Sedangkan 6 kasus lainnya, diketahui berasal dari sejumlah daerah di Kalsel. yakni 3 kasus dari Kota Banjarmasin, 2 dari Banjarbaru dan 1 dari Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya imbau masyarakat untuk lebih mengetatkan penerapan protokol kesehatan. Karena Omicron ini begitu cepat penyebarannya. Bahkan Omicron ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kembali peningkatan kasus di Kalsel saat ini," ingatnya.

Muslim juga meminta, agar mereka yang belum mendapatkan vaksin lengkap agar segera melakukannya. Termasuk bagi mereka yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin ketiga atau boostes.

“Omicron ini cepat penyebarannya, tetapi juga cepat penyembuhannya, terutama bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin lengkap,” tandasnya.


 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS