Home Politik Petani di 20 Provinsi Dukung Airlangga Nyapres 2024

Petani di 20 Provinsi Dukung Airlangga Nyapres 2024

Kendal, Gatra.com - Dukungan yang diberikan kepada Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk maju sebagai calon presiden (Capres) terus mengalir dari sejumlah daerah di Indonesia. Salah satu dukungan tersebut datang dari petani yang merupakan masyarakat bawah.
 
Pengurus Petani untuk Airlangga (Peta), Fernando Ganinduto saat menghadiri deklarasi dukungan Peta Kabupaten Kendal menyampaikan, Peta semakin hari banyak lahir di sejumlah daerah di Indonesia. "Setidaknya dari 34 provinsi di Indonesia, sudah terbentuk 20 kepengurusan tingkat provinsi dan beberapa lainnya kepengurusan tingkat kabupaten/kota," katanya, Sabtu (12/3).
 
Dirinya yang mendapatkan mandat sebagai Koordinator Peta Jateng menyebut bahwa di Jateng sudah terbentuk lima kepengurusan di tingkat kabupaten/kota. Di antaranya di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Kendal, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang.
 
Fernando juga mengaku sangat mengapresiasi gerakan yang dilakukan petani di Kendal yang tergabung dalam Peta.
 
"Saya sangat mengapresiasi gerakan yang muncul dari petani ini dan akan melaporkan hal ini kepada Pak Airlangga," kata Fernando.
 
Sementara itu, Ketua Peta Kendal, Heri Purwanto mengatakan, deklarasi Peta hari ini digelar di dua wilayah. Deklarasi pertama digelar di GOR Trimulyo Dusun Kiringan, Sukorejo sekitar pukul 10 pagi, sementara deklarasi kedua digelar di lapangan Badminton Desa Puguh, Pegandon sekitar pukul 2 siang.
 
"Untuk menghindari kerumunan, kita batasi jumlah peserta yang hadir. Per wilayah hanya dihadiri 100 orang," terang Heri.
 
Dukungan diberikan kepada Airlangga karena menurut Peta, sosok Airlangga merupakan tokoh paling pantas meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Peta yang beranggotakan petani atau masyarakat bawah ini menilai sosok Airlangga mampu menyeimbangkan penyelesaian kesehatan dan penyelesaian ekonomi. Karena itu dia kami pilih untuk melanjutkan tongkat estafet paska Presiden Jokowi," katanya.
 
Sejak pengurus Peta Kabupaten Kendal terbentuk, lanjut Hari, pengurusnya yang merupakan para relawan langsung bekerja keras membentuk struktur kepengurusan Peta di tingkat kecamatan. Setidaknya hingga saat ini sudah terbentuk empat kepengurusan di tingkat kecamatan. Di antaranya di Kecamatan Patean, Sukorejo, Pegandon dan Ngampel.
 
"Kami akan bekerja keras agar nantinya juga terbentuk kepengurusan tingkat ranting yang berada di 286 kelurahan/desa se-kabupaten Kendal," tandasnya.
1211