Home Ekonomi Percepat Transformasi Teknologi Industri, Kemenperin Gelar Startup4industry 2022

Percepat Transformasi Teknologi Industri, Kemenperin Gelar Startup4industry 2022

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Dody Widodo mengatakan bahwa pemerintah terus mempercepat transformasi teknologi di sektor industri maupun masyarakat.

Berdasarkan data e-Conomy SEA 2021 Report, ekonomi digital Indonesia di tahun 2021 mencapai US$70 milliar. Bahkan, pada 2025 mendatang diprediksi tumbuh menjadi US$146 miliar dengan pertumbuhan tahunan (CAGR) sebesar 20%.

"Nilai tersebut sangatlah besar dan harus dapat kita manfaatkan," katanya dalam acara peluncuran Program Startup4Industry 2022 secara virtual pada Selasa (19/4).

Ia menjelaskan, beberapa upaya dan kerja telah dilakukan pemerintah untuk merealisasikan transformasi digital ini. Misalnya, pembangunan Pusat Industri Digital 4.0, ditunjuknya lima lighthouse industri 4.0, tumbuh dengan pesatnya tech startup Indonesia serta talenta-talenta digital.

"Kini saatnya kita menunjukkan secara nyata, bagaimana transformasi teknologi dapat membantu industri tumbuh dan berkembang," tegasnya.

Ia menambahkan, melalui tema “Inspiring Industry Transformation”, Startup4industry 2022 akan menampilkan hasil-hasil dari solusi tech startup Indonesia untuk menginspirasi serta memacu industri dan masyarakat Indonesia mengambil peran besar dalam revolusi industri 4.0.

"Saya mengapresiasi bahwa capaian transformasi teknologi tersebut dikerjakan dengan inovasi dan solusi dari tech startup Indonesia, sehingga kita juga menjaga semangat Bangga Buatan Indonesia, Bangga Tech Startup Indonesia," ucapnya.

72