Home Gaya Hidup Calhaj Purbalingga Kloter 42 dan 43, Terbang ke Tanah Suci pada 1 dan 2 Juli 2022

Calhaj Purbalingga Kloter 42 dan 43, Terbang ke Tanah Suci pada 1 dan 2 Juli 2022

Banyumas, Gatra.com – Sebanyak 245 orang calon haji asal Purbalingga, Jawa Tengah, masuk dalam kloter penerbangan 42 dan 43 dalam ibadah haji 2022 ini.

Ketua Panitia Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Purbalingga, Khamimah, mengatakan Kloter 42 akan berangkat pada 1 Juli 2022 sebanyak 208 calon jemaah haji dan 4 petugas kloter, bersama dengan calon jemaah haji dari Surakarta sejumlah 148 orang.

Sementara itu, Kloter 43 akan berangkat tanggal 2 Juli 2022, sebanyak 39 calon jemaah haji bersama dengan calon jemaah haji dari Pekalongan sebanyak 162, Kota Tegal 109, dan Kabupaten Sleman 33 orang.

Kata dia, untuk mempersiapkan para calhaj ini, Kementerian Agama (Kemenag) menggelar manasik haji pada 28–29 Mei 2022. Sedangkan di tingkat kecamatan, manasik haji akan dilakukan antara 30 Mei–2 Juni 2022.

“Pelaksanaan bimbingan manasik diikuti oleh seluruh calon jemaah haji yang masuk dalam daftar berangkat tahun 1443H/2022M. semuanya berjumlah 245 orang ditambah 2 PHD, terdiri 110 pria dan 137 wanita. Usia tertua 65 tahun dan termuda 26 tahun,” katanya, di Purbalingga, Sabtu (28/5).

Sementara itu, Wakil Bupati Purbalingga, H. Sudono yang membuka secara resmi bimbingan manasik haji mengharapkan agar kebersamaan lebih ditekankan di dalam regu atau tim TPHD. Masing-masing unsur TPHD harus memiliki tanggung jawab terhadap calon jemaah haji di bawah timnya.

“Pastikan semua jemaah sudah melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji apa belum, dan kepada calon jemaah haji, ikuti dan hayati bimbingan manasik ini,” tuturnya.

Menurut Sudono, saat ini pemerintah sudah melonggarkan beberapa aturan terkait pandemi Covid-19, di antaranya aturan mudik, aturan penggunaan masker, dan juga aturan pemberangkatan calon jemaah haji.

“Indonesia mendapatkan jatah atau kuota haji kali ini cukup banyak, Kabupaten Purbalingga mendapatkan kuota 245 calon jemaah haji,” ucap dia.

Wabup meminta calon jemaah haji untuk mendoakan mereka yang belum dapat berangkat haji pada tahun ini, mendoakan agar umat Islam yang belum haji untuk berminat haji, dan mendoakan untuk Kabupaten Purbalingga agar sehat. Serta berharap semua calon jemaah haji sudah divaksin ketiga (booster).

“Kepada calon jemaah haji saya minta ketika di Tanah Suci untuk mendoakan kepada calon jemaah haji yang belum lunas agar tahun berikutnya dapat berangkat haji. Kedua, doakan jemaah yang belum minat, untuk minat, dan nabung. Dan ketiga, doakan Kabupaten Purbalingga agar sehat, Indonesia tangguh dengan berbagai kebijakan yang sudah diberikan.” pintanya,

Wabup Sudono juga meminta agar para calon jemaah haji Kabupaten Purbalingga pada saatnya nanti bisa melaksanakan rukun wajib dan sunnah-nya dan lebih mandiri dalam menjalankan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, dan semoga menjadi haji yang mabrur.

1258