Home Regional Pengurangan Emisi Karbon, NTB Targetkan Nol Emisi 2050

Pengurangan Emisi Karbon, NTB Targetkan Nol Emisi 2050

Mataram, Gatra.com- Provinsi NTB memiliki roadmap yang jelas terkait  pengurangan emisi karbon. NTB punya banyak potensi untuk mewujudkan green energy. “Terlebih lagi kami memiliki target nol emisi tahun 2050. Lebih cepat 10 tahun dari target pemerintah pusat. Dan kami juga telah menyiapkan roadmap dan langkah-langkah hingga 2050 kedepan,” kata Wagub NTB Hj Rohmi Djalilah di Mataram, Selasa (5/7).

Wagub menjelaskan, untuk mengejar target bebas emisi karbon 2050, Pemprov NTB menjadikan pembangunan di bidang lingkungan menjadi prioritas daerah. Yang dijabarkan dalam salah satu misinya yaitu NTB Asri dan Lestari untuk mewujudkan NTB Bersih dan Hijau.

“Di NTB kami punya misi Asri dan Lestari. Hal ini merupakan wujud nyata kami untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” terangnya.

Terkait NTB dijadikan Pilot Project Green Energy nasional, Wagub menyatakankesiapannya. Bahkan tim Pengkaji Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) dalam rangka kegiatan pendalaman materi kajian jangka panjang di wilayah Provinsi NTB, menemui Wagub NTB, Selasa (5/7).

Pendalaman Materi Kajian Jangka Panjang di wilayah Provinsi NTB tersebut bertajuk “ Implementasi Green Economy Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”.

“Provinsi NTB memiliki banyak potensi dalam mewujudkan Green Energy. Pemrov NTB memiliki target ambisius bebas emisi karbon atau net zero emission tahun 2050. Sedangkan Pemerintah Pusat menargetkan bebas emisi karbon pada 2060,” kata Wagub.

1208
NTB