Home Lingkungan Peserta The Rising Tide Mulai Tempuh Bali-Jakarta 1.293 KM

Peserta The Rising Tide Mulai Tempuh Bali-Jakarta 1.293 KM

Gianyar, Gatra.com – The Rising Tide resmi dimulai setelah dibuka di Puri Ageng Blahbatuh, Gianyar, Bali, Senin sore (18/7). Ajang ini di antaranya menghelat solo triathlon sepanjang 1.293 kilometer (km) dalam 30 hari dari Bali menuju Jakarta.

Para peserta, utamanya triathlon memulai perjalanan dengan bersepeda sejauh 135 km diiringi oleh Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) dari Denpasar menuju Pelabuhan Gilimanuk. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan pada hari berikutnya dengan berenang menyeberangi Selat Bali yang dikenal dengan keganasan arusnya yang kerap berubah dalam hitungan detik.

Satuan tim penanganan renang terdiri dari Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Pangkalan TNI Angkatan Laut Denpasar, Kapolda Bali, SAR Jembrana, SAR Banyuwangi yang akan mengerahkan 10 kapal, termasuk KRI yang sedang beroperasi di perairan Bali akan mengawal kegiatan tersebut.

Kegiatan menyeberangi Selat Bali ini dilakukan dengan rute titik awal Pura Segara Rupek, Bali, dan Grand Watu Dodol, Banyuwangi di titik akhir dan merupakan salah satu momentum penting dalam kampanye The Rising Tide, karena selain mengamankan perenang, kapal-kapal yang mengawal akan sekaligus membersihkan sampah di dalam laut.

Selepas penyeberangan Selat Bali, perjalanan diteruskan dengan berlari sejauh 1.153 km menuju Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Selama perjalanan, tim akan berhenti pada check point untuk beristirahat dan menyampaikan pesan dan tujuan kampanye.

Selain triathlon, kampanye The Rising Tide akan berfokus pada pengumpulan data sampah dan diseminasi informasi mengenai polusi sampah di Indonesia, mengelola sampah dalam rumah tangga, serta sirkularitas ekonomi melalui sampah.

Partisipasi dari Keluarga Besar TNI AL dan masyarakat umum pun akan digiatkan pada Pangkalan/Pusat Pelatihan AL yang dilewati, seperti Pangkalan AL Banyuwangi, Puslatpur Marinir Baluran, MAKO Kolatmar Pasuruan, Lantamal V Surabaya, Pusat Latihan Tempur Animha Tuban, Pangkalan AL Semarang, Pangkalan AL Tegal, Pangkalan AL Cirebon, dan Dinas Potensi Maritim AL Jakarta Utara, serta di Gedung Mayora sebagai sponsor dari kampanye Lingkungan The Rising Tide melalui brand Le Minerale yang secara konsisten menyuarakan gerakkan sirkular ekonomi nasional.

Pada akhir perjalanan, yakni tanggall 17 Agustus 2022 di titik finish yang bertempat di Monumen Nasional (Monas) Jakarta akan diselenggarakan perhelatan akbar untuk menyambut perjuangan solo triathlonis yang telah berdarah-darah dalam menyelesaikan misi bersama untuk bumi.

Melalui Dewan Pertimbangan Presiden, pihaknya mendorong kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan dukungan dan apresiasi terhadap Kampanye Lingkungan The Rising Tide yang merupakan aksi kepedulian untuk negeri.

Perjalanan Rising Tide Triathlon merupakan sarana dan game-changer untuk mengubah perilaku konsumen untuk bertanggung jawab atas sampahnya sendiri, cara memilah sampah dari rumah, dan ekonomi sirkular.

Pemilahan sampah adalah hal utama dalam pengelolaan sampah, sampah yang tercampur sulit untuk diolah kembali menjadi material baru yang memiliki nilai manfaat dan seringkali berakhir menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Adapun tujuan utama dari kampanye ini adalah untuk memperoleh pendataan sampah secara tepat yang dapat menjadi landasan untuk menentukan cara yang efektif dan efisien dalam mengatasi polusi sampah dan menyatukan seluruh pemangku kepentingan untuk berkomitmen pada rangkaian pemulihan. Tidak lagi berjalan sendiri tetapi bersama-sama, secara bersamaan melalui perjalanan pemulihan bagi lingkungan.

Kampanye ini diharapkan akan menjadi bagian gelombang perubahan untuk pemulihan lingkungan yang sejalan dengan komitmen Global dan Pemerintah Indonesia, dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals dan menyelesaikan masalah lingkungan, sekaligus berkontribusi dalam penanggulangan bencana perubahan iklim dan cuaca global dan perbaikan lingkungan yang berkelanjutan melalui ekosistem penanganan lingkungan.

Berbagai pihak yang juga peduli dengan kelestarian alam dan pengelolaan sampah yang baik dan benar, telah memberikan dukungan untuk suksesnya Kampanye Lingkungan The Rising Tide.

Selain TNI AL dan Puri Ageng Blahbatuh, kampanye dukungan dan support diperoleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dewan Pertimbangan Presiden diwakili oleh Bapak Inspektur Jenderal Polisi (Purn.) Sidarto Danusubroto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menparekraf Sandiago Uno, Kepala Dinas Potensi Maritim Laksma TNI Suradi Agung Slamet.

Kemudian, dukungan juga datang Basarnas Indonesia, Polda Bali, Paiketan Puri se-Bali, Kedaireka-Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi, Harmoni Indonesia, GATRA Media Group, CSIRO-Australian Government agency responsible for scientific research, Yayasan Duta Indonesia Maju, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ferry Sunarto, SumpahSampah, STMIK Bandung Bali, Universitas BINUS, Perguruan Inkatsu Pordibya, Universitas Tujuh Belas Agustus Banyuwangi, Universitas Negeri Semarang, SMP N 1 Cirebon, Universitas Pancasakti tegal.

Dukungan juga Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan PT Mayora Indah, Tbk sebagai perusahaan pendukung penuh kebijakan pengelolaan sampah nasional dan pengelolaan sampah melalui pemberdayaan masyarakat juga turut serta sebagai sponsor mereknya Le Minerale.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR