Home Internasional Kebakaran Gereja di Mesir Tewaskan 41 Orang

Kebakaran Gereja di Mesir Tewaskan 41 Orang

Kairo, Gatra.com - Kebakaran listrik terjadi di sebuah gereja Kristen Koptik di Mesir selama Misa pada Ahad (14/8). Kebakaran tersebut menewaskan sedikitnya 41 orang akibat terinjak-injak dan menghirup asap. Sebagian besar korban merupakan anak-anak.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, kebakaran dimulai tepat sebelum jam 9 pagi waktu setempat di Gereja Abu Sifin, Giza, di mana sekitar 1.000 orang berkumpul.

Baca juga: Raja Makan Firaun, Mumi Mesir Dijadikan Obat Wabah

Salah seorang jemaah bernama Yasir Munir menyebut, ia melihat asap keluar dari lantai dua. Oleh karena itu, seperti yang Munir katakan, orang-orang pun bergegas menuruni tangga dan mulai berjatuhan.

“Kemudian kami mendengar ledakan dan percikan api dan api keluar dari jendela," kata Munir. Ia pun mengatakan bahwa ia dan putrinya berada di lantai dasar saat peristiwa terjadi. Itulah mengapa, mereka dapat melarikan diri dari insiden tersebut.

Baca juga: Mengungkap Asal Usul Kepala Mumi Mesir yang Dipenggal dengan CT Scan

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Dalam Negeri Mesir menerangkan, kebakaran terjadi akibat kerusakan listrik pada AC lantai dua. Pernyataan itu pun menyebut penghirupan asap sebagai penyebab utama kematian.

Pemerintah, sebagaimana dikutip dari Reuters, menjamin keluarga dari korban yang meninggal akan menerima santunan 100.000 pound Mesir ($5.220).

Baca jugaKerja Sama Rusia, Mesir Bangun Pembangkit Listrik Bertenaga Nuklir Pertama

Sementara itu, menanggapi insiden kebakaran tersebut, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menyampaikan rasa belasungkawanya melalui akun Twitter resminya. “Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga para korban tak berdosa yang telah meninggal dan berpulang bersama Tuhan mereka, di salah satu rumah ibadah-Nya,” begitu cuit al-Sisi pada Ahad (14/8).