Home Sumbagsel Penguatan Zona Integritas, Staf Khusus Menkumham Kunjungi Imigrasi Palembang

Penguatan Zona Integritas, Staf Khusus Menkumham Kunjungi Imigrasi Palembang

Palembang, Gatra.com - Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Transformasi Digital, Fajar B.S Lase, mengapresiasi pelayanan yang diberikan beserta sarana prasarana yang tersedia dilingkup Kakanwil Kemenkumham Sumsel, dan dianggap telah memenuhi standar untuk mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Dengan fasilitas sarana prasarana yang sudah baik ini, hendaknya dibarengi dengan pelayanan yang prima oleh seluruh pegawai, PPNPN, hingga Security. Kunci untuk mendapatkan predikat WBBM ini adalah pelayanan yang prima. Teruslah bekerja dengan baik dan berikan kontribusi yang positif bagi Kemenkumham,” katanya, saat memberikan penguatan dan arahan terkait pembangunan zona integritas menuju wilayah WBK/WBBM di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Kemenkumham Sumsel, Rabu (21/9).

Baca Juga: Hingga Agustus 2022, Imigrasi Sumsel Menerbitkan 25.885 Paspor

Fajar yang didampingi Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto dan Kakanim Palembang Kemenkumham Sumsel, Mohammad Ridwan beserta jajaran meninjau langsung sarana dan prasarana serta pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

Kedatangan Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM tersebut juga sekaligus dalam rangka penguatan terhadap satuan kerja khususnya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang dalam membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Mengingat, penghargaan WBBM ini merupakan tahap lanjutan dari predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang telah didapatkan Imigrasi Palembang pada 2021.

Baca Juga: Pemohon Paspor di Sumsel Meningkat 100 Persen Tiga Bulan Terakhir

Peninjauan sarana dan prasarana dimulai dari ruang pelayanan, fasilitas bagi kelompok rentan sarana penunjang seperti ruang bermain anak/ruang laktasi hingga rumah dinas yang berada di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang.

“Selain mendapatkan predikat WBK, kami juga telah berhasil meraih penghargaan sebagai Unit Pelaksana Teknis yang berhasil menyelenggarakan layanan berbasis HAM pada tahun 2021 yang lalu,” ujar Ridwan di Palembang.

Selain meninjau sarana dan prasarana, Fajar dan Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto melakukan wawancara langsung dengan pemohon yang mengajukan layanan permohonan paspor.

Baca Juga: Kantor Imigrasi Palembang Luncurkan Eazy Passport, Ini Respon Ombudsman

Dalam wawancara tersebut, Fajar menanyakan terkait layanan yang diberikan sudah sesuai standar atau belum. Lantas, pemohon tadi mengungkapkan bahwa pelayanan imigrasi yang sekarang jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Saya rencananya mau buat paspor untuk berlibur, akhirnya saya mendaftar melalui aplikasi antrian online m-paspor. Prosesnya gampang dan saya tinggal datang sesuai dengan tanggal yang ditentukan,” kata pemohon tersebut.