Home Olahraga Keren! Vredderiq Leonardo Kembali Jaga Gelar Juara Dunia Panjat Tebing, Tak Terkalahkan Lima Kali

Keren! Vredderiq Leonardo Kembali Jaga Gelar Juara Dunia Panjat Tebing, Tak Terkalahkan Lima Kali

Jakarta, Gatra.com - Pemenang dan pemecah rekor juara dunia, Vredderiq Leonardo akhirnya berhasil mempertahankan gelar juara dunia panjat tebing yang sudah disematkan olehnya selama 5 kali. 

Diketahui, Vredderiq mendapatkan poin sebesar 4.455 poin, sedangkan Kiromal Katibin mendapat skor 4.080 poin, dan terakhir atlet asal Cina Jinbao Long yang mengoleksi 3.105 poin pada kategori Speed Putra.

Vredderiq pun langsung menyatakan rasa senangnya usai mendapatkan dan mempertahankan gelarnya pada penghargaan dari IFSC Climbing World Cup.

"Yang pasti ini membangun optimisme tim panjat tebing Indonesia buat menyongsong Olimpiade Paris 2024, karena tahun depan akan kualifikasi," katanya saat dijumpai oleh awak media setelah acara IFSC Climbing World Cup di Lot 16-17 SCBD, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9).

Ia menyebut jika beberapa atlet-atlet Indonesia terlalu bersemangat pada kompetisi ini sehingga mengakibatkan mereka terselip pada putaran final.

"Harus jaga konsistensi dan komitmen kita untuk berlatih terus, ya. Tadi juga melihat temen-temen lain itu pada ngotot, jadi slip saking maksimalnya mau coba pecahin performa terbaiknya. Dan itu gak masalah memang di setiap permainan (pertandingan) seperti itu," tambahnya.

Menurut pria kelahiran 1997 ini mengatakan cukup kaget dengan atlet-atlet dari negara lain yang memiliki progress yang baik dalam kompetisi IFSC tersebut.

"Kalau China memang dari tahun 2008 memang sudah juara dunia kategori Speed Men dan juga Women. Kita liat juga banyak tim besar seperti dari negara Amerika, Prancis, dan banyak kejutan hari ini," ucapnya.

Vredderiq menjelaskan kompetisi pada kategori Speed baik itu yang putra dan putri sudah sesuai dengan target karena Indonesia sudah mendapatkan medali emas dan mempertahankan gelar juara dunia. Namun, masih terdapat gelar lainnya yaitu juara Overall Team yang masih belum diketahui dari negara mana yang akan jadi pemenangnya nanti.

Setelah kategori Speed selesai dilaksanakan pada Sabtu kemarin, maka kompetisi IFSC ini akan terus berlanjut ke kategori berikutnya ialah Lead. Dari tim Indonesia setidaknya menurunkan sebanyak 10 putra dan 10 putri yang siap bertanding hari ini.

140