Home Gaya Hidup Begini Alasan Pentingnya Pahami Soal Perencanaan Keuangan Bagi Seluruh Kalangan

Begini Alasan Pentingnya Pahami Soal Perencanaan Keuangan Bagi Seluruh Kalangan

Jakarta, Gatra.com - Perencanaan keuangan menjadi sebuah pemahaman yang penting dimiliki setiap orang. Bukan hal aneh, karena karena setiap orang ingin memiliki asset, seperti rumah, kendaraan, memenuhi kebutuhan sekolah anak, memiliki dana yang cukup saat memasuki pensiun, bahkan berinvestasi.

Oleh karenanya, Sekretaris Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida, Fredella Colline, berpandangan bahwa perencanaan pengelolaan keuangan penting dilakukan sejak dini.

Baca JugaBadan Pengurus Filantropi Indonesia Sebut Bagaimana Menghindari Penipuan Donasi

“Pemahaman ini makin penting saat memasuki usia purna tugas, dimana pendapatan akan menurun tetapi pengeluaran bisa saja meningkat karena kondisi kesehatan yang menurun,” ujar Colline dalam siaran persnya, Kamis (13/10).

Pemahaman ini yang juga coba ditanamkan Ukrida dalam kegiatan Bina Pendeta GKI di lingkup Sinode Wilayah Jawa Barat. Menurut Colline,, kalnagan pendeta menjadi salah satu kelompok masayarakat yang perlu mendapatkan pengetahuan lebih tentang bagaimana cara mengatur keuangan mereka.

“Membicarakan masalah keuangan bukanlah hal yang tabu. Akan lebih baik jika setiap orang, termasuk para pendeta, memiliki pengelolaan keuangan yang terencana dan terintegrasi guna memenuhi kebutuhan hidupnya," katanya.

Baca JugaAngka Ekspor Terus Naik, Batik Jadi Potensial Jadi Komoditas di Luar Negeri

Sementara itu, Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi mengapresiasi kegiatan Bina Pendeta ini. Menurutnya, GKI ikut berperan mewartakan Ukrida sebagai kampus dengan keunggulan pada pendidikan karakter dalam kehidupan sivitas akademikanya. 

Dukungan Ukrida kepada GKI juga terwujud melalui pemberian beasiswa bagi anak jemaat GKI, beasiswa Klasis dan beasiswa bagi anak pendeta, untuk Fakultas Non Kedokteran. Sejumlah 113 orang mahasiswa telah menerima beasiswa Klasis untuk tahun akademik 2021/2022, sedangkan beasiswa Klasis sudah dimulai sejak 2007. 

"Harapan ke depan adalah dalam hubungan yang sudah terjalin baik ini, GKI dapat ikut memberi warna bagi Ukrida, dan bergandengan tangan dalam memajukan pendidikan," ujarnya. 

67