Home Pendidikan Paska Wisuda, Mahasiswa Harus Mampu Beri Kontribusi Nyata untuk Masyarakat

Paska Wisuda, Mahasiswa Harus Mampu Beri Kontribusi Nyata untuk Masyarakat

Jakarta, Gatra.com - Lulusan intitusi perguruan tinggi diminta untuk bisa memberikan kontribusi nyata pada masyarakat. Rektor Universitas Tarumanagara, Agustinus Purna Irawan, menitipkan pesan tersebut kepada 1.534 Wisudawan Untar yang hadir di Jakarta Convention Centre, Sabtu (15/10).

Agustinus menyebut, kontribusi lulusan perguruan tinggi saat ini sedang sangat dibutuhkan. Mengingat, kondisi dunia saat ini tengah mengalami multiple crisis mulai dari pandemi hingga konflik antar negara.

Baca JugaTorehkan Sejarah, Monash University Tembus 50 Besar Rangking Universitas Dunia

“Untuk Indonesia, perguruan tinggi hadir dan diharapkan mampu memberikan solusi-solusi permasalahan bagi masyarakat,” ujar Agustinus dalam pidato Wisuda Untar di Plenery Hall JCC, Jakarta.

Bagi Indonesia, momentum presidensi G20 menjadi momen penting untuk mengagas sebuah catatan sejarah. Pertemuan G20, bisa menjadi ajang Indonesia sebagai bagian masyarakat dunia berperan aktif dalam memberikan solusi kehidupan dunia kedepan yang lebih baik.

“langkah ini merupakan upaya semua pihak untuk melakukan pemulihan bersama sesuai tema G20. Hanya dengan kebersamaan maka kita dapat lebih kuat,” imbuhnya.

Nantinya, Agustinus pun berharap para wisudawan bisa berkontribusi, selayaknya peran Indonesia di G20. Untuk itu, ia berpesan agar para wisudawan untuk bisa berkiprah dan berkolaborasi di segala lini kehidupan.

Sementara itu, Ketua LLDikti Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani, pun mengamini pesan Agustinus. Menurutnya, kata kunci untuk mencapai kesuksesan salah satunya ada pada kolaborasi.

Baca JugaHari Pasta Sedunia, San Remo dan Haluu World Jakarta Bangun Instalasi Seni Edukatif

“Transformasi perguruan tinggi pun harus dimulai dengan kolaborasi. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi arahan dari Mas Menteri Nadiem Makarim,” tegasnya.

Terakhir, Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster yang hadir di arena wisuda juga menyampaikan selamat atas Dies Natalis Untar ke-63 dan juga menyampaikan selamat kepada wisudawan dan wisudawati yang berhasil lulus pada wisuda kali ini.

Ia berharap para lulusan Untar akan mampu berkiprah, berperan aktif, dan berkontribusi dalam pembangunan nasional dalam segala bidang demi mewujudkan kemajuan bangsa dan negara.

"Saya berkeyakinan hal ini dapat diwujudkan karena di Dies Natalis ke-63 Untar berhasil meraih akreditasi unggul dengan nilai utama integritas, profesionalitas, dan enterpreneurship," ujarnya.

43