Home Kesehatan Wamenkes Ingatkan Semangat Peluang Pandemi ke Endemi

Wamenkes Ingatkan Semangat Peluang Pandemi ke Endemi

Jakarta, Gatra.com- Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun diharapkan dapat menjadi momentum pulihnya berbagai sektor kesehatan di masyarakat sehingga Indonesia sehat dan tangguh.

“Semangat ini membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/11).

Pada Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 ini, Kementerian Kesehatan mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”. "Saya berharap rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional memberikan kontribusi dalam mewujudkan lingkungan sehat dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal,” katanya.

Dante menambahkan, Kementerian Kesehatan saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada enam pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan.

Enam pilar transformasi kesehatan tersebut adalah transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, transformasi ketahanan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan serta transformasi teknologi kesehatan. 

“Salah satu wujud transformasi kesehatan adalah melalui pemberian apresiasi atau penghargaan kepada para pemangku kepentingan yang berkomitmen untuk implementasi aksi dalam mewujudkan berbagai program kesehatan," ungkapnya.

Termasuk program penyehatan lingkungan dalam rangka  percepatan pencapaian indikator pembangunan bidang kesehatan dalam RPJMN dan Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024.

22