Home Olahraga BWF World Tour Finals 2022: Kalah Lagi, Langkah Apri/Fadia Terhenti

BWF World Tour Finals 2022: Kalah Lagi, Langkah Apri/Fadia Terhenti

Jakarta, Gatra.com-Wakil ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus terhenti di fase grup gelaran Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2022. Hasil ini dipastikan usai mereka kalah pada laga terakhir di grup A, Jumat (9/12).

Bermain di Nimibutr Arena, Bangkok, Apri/Fadia takluk dari pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yifan dua game langsung 16-21, 16-21. Sebelumnya, Kamis (8/12) pasangan Indonesia ini juga kalah dari wakil China lainnya, Zhang Shuxian/Zheng Yu dengan dua game langsung, 14-21,19-21.

"Banyak pelajaran yang bisa kita ambil sejak kita berpasangan sampai hari ini. Ke depan kita harus fokus kepada diri sendiri, bagaimana caranya untuk mau menang di setiap turnamen. Saya tetap bersyukur dengan perjalanan kita sejauh ini, bahkan bisa sampai main di World Tour Finals," kata Apri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/12).

Baca jugaJojo dan Ginting Kejar Kemenangan Demi Melaju ke Semifinal

Sejak game pertama, pasangan peringkat 14 dunia ini selalu tertinggal dalam perolehan poin. Bahkan, Chen/Jia unggul 11-6 dalam interval. Meskipun berusaha mengejar ketertinggalan, pasangan peringkat 1 dunia itu menutup game pertama dengan kemenangan.

"Hasilnya memang belum maksimal tapi saya dan kak Apri sudah mencoba mengeluarkan seluruh kemampuan kita namun memang harus diakui lawan lebih siap dan safe hari ini," ungkap Fadia.

Baca jugaPerebutkan Posisi Juara Grup Hari Ini, Ahsan/Hendra Memastikan Diri ke Semifinal

Memasuki game kedua, pasangan China terus mendominasi. Meskipun sempat ketat di perolehan poin awal hingga 8-8, Chen/Jia terus menekan. Unggul 12-20, Apri/Fadia berhasil menyelamatkan 4 match point sebelum akhirnya poin terakhir diraih oleh lawan.

"World Tour Finals pertama bagi saya adalah sebuah pengalaman berharga. Bertanding melawan pemain top-top dunia dengan format yang berbeda dari biasanya menjadikan pembelajaran penting untuk lebih baik tahun depan," ujar Fadia.

Apri/Fadia berada di grup B bersama lawan-lawan berat yakni Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia). Dengan hasil hari ini, dipastikan dua wakil China melaju ke babak semi final, dengan Chen/Jia sebagai juara grup.

61