Home Regional BI Tegal Serahkan Bantuan Pemulihan Ekonomi Eks Karesidenan Pekalongan

BI Tegal Serahkan Bantuan Pemulihan Ekonomi Eks Karesidenan Pekalongan

Tegal, Gatra.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal, Jawa Tengah menyalurkan bantuan Program Sosial BI untuk pemulihan ekonomi di wilayah eks Karesidenan Pekalongan, pasca pandemi Covid-19. Bantuan antara lain disalurkan untuk UMKM dan kelompok masyarakat itu senilai Rp3 miliar

Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal M Taufik Amrozy mengatakan, pandemi Covid-19 telah berdampak negatif terhadap perekonomian nasional dan regional, termasuk di wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Sehingga, diperlukan upaya nyata untuk membangkitkan ekonomi lokal berbasis kelompok masyarakat dan UMKM, sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

"Bank Indonesia memberikan paket program pengembangan ekonomi dan UMKM senilai Rp3 miliar yang tersebar di wilayah Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan," ujar Taufik saat penyerahan bantuan di Kantor Perwakilan BI Tegal, Kamis (22/12).

Baca Juga: BI Salurkan Batuan Oksigen untuk Penanganan Covid-19

Bantuan tersebut diberikan antara lain kepada pelaku UMKM, kelompok tani, dan pondok pesantren. Taufik berharap dengan pemberian bantuan program sosial itu, masyarakat dan UMKM dapat berusaha dan meningkatkan kapasitas usahanya sehingga dapat memperoleh penghidupan yang layak di situasi pasca pandemi Covid-19.

"Kami harapkan adanya bantuan ini dapat bermanfaat serta membantu untuk membangkitkan perekonomian lokal berbasis masyarakat dan UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi," ujarnya.

Taufik mengungkapkan, selain untuk UMKM, pada tahun 2022 BI Tegal juga memberikan bantuan untuk korban bencana alam dan kepedulian sosial sebesar Rp600 juta serta beasiswa mahasiswa di tiga perguruan tinggi di eks Karesidenan Pekalongan dengan jumlah total Rp1,8 miliar.

Baca Juga: BI Salurkan Bantuan Rp67,5 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Ketiga perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Pekalongan, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, dan Universitas Pekalongan (Unikal).

"Masing-masing universitas mendapat Rp600 juta atau per mahasiswa mendapat Rp12 juta setiap tahunnya. Hal tersebut mungkin merupakan beasiswa terbesar di eks Karesidenan Pekalongan," tandasnya.

94