Home Olahraga Babak 32 Besar India Open 2023: Vito Kalah, Ginting Menang Usai Rubber Game Ketat

Babak 32 Besar India Open 2023: Vito Kalah, Ginting Menang Usai Rubber Game Ketat

Jakarta, Gatra.com - Dua wakil tunggal putra berlaga di babak 32 besar India Open 2023, Rabu (18/1). Shesar Hiren Rhustavito takluk atas lawannya, sementara Anthony Sinisuka Ginting berhasil melaju ke babak selanjutnya.

Vito harus mengakui keunggulan wakil Malaysia, Lee Zii Jia, melalui rubber game 22-20, 19-21, 12-21. Dalam pertarungan yang berlangsung selama 63 menit, ia takluk dalam pertemuan kesepuluh antara keduanya.

Pada game pertama, kedua pemain sempat berkejaran poin. Imbang 11-11, 19-19, Vito berhasil meraih poin terlebih dahulu yang membuatnya mengambil game pertama.

Baca Juga: Menang, Rehan/Lisa Melaju ke Babak 16 Besar India Open 2023

Memasuki game kedua, Vito berhasil memimpin 6-1. Namun, ia kehilangan tujuh poin beruntun dan berbalik tertinggal. Selanjutnya, ia justru terus tertinggal dalam perolehan poin hingga akhir game kedua. Pada game ketiga, Vito terus tertinggal dalam perolehan poin. Pemain peringkat dua dunia berhasil membalaskan kekalahan di pertemuan terakhir keduanya.

Sementara, Anthony Sinisuka Ginting berhasil menang atas wakil China setelah melalui rubber game ketat, 19-21, 21-19, 21-19. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 81 menit, Ginting mampu memperlebar keunggulan head to head keduanya menjadi 4-0.

"Tadi pertandingan yang berjalan begitu  ketat. Jarak poinnya juga sangat ketat. Dari awal sampai akhir, kami kejar-kejaran poin terus. Sampai akhir pun, poinnya begitu rapat," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/1).

Baca Juga: Babak 32 Besar India Open 2023: Ini Jadwal Lengkap Pemain Indonesia

Sepanjang pertandingan, kejar-kejaran poin terus terjadi. Kedua pemain saling berebut mempertahankan keunggulan.

"Tadi terjadi adu strategi di lapangan dan saya berusaha untuk mengurangi kesalahan sendiri saja. Sebab, dalam pertandingan tadi, masing-masing pemain sering dapat poin karena lawan dan saya sering mati sendiri," jelasnya.

Pada game ketiga, Ginting sempat unggul 11-9. Namun wakil China berhasil mengejar dan menyamakan kedudukan di poin kritis 19-19. Dua poin beruntun diraih Ginting yang membuatnya memastikan kemenangan.

Baca Juga: Fajar/Rian dan Bagas/Fikri Menang, The Daddies Terhenti di 32 Besar India Open

"Saya lebih fokus bagaimana bermain lebih menyerang. Cuma, saat unggul 19-15, saya malah banyak melakukan kesalahan sendiri. Pukulan saya selalu out. Setelah kedudukan 19-19, saya berusaha tetap tenang karena pertandingan belum selesai juga. Kita berdua sebenarnya sama-sama tegang. Meski begitu, saya tetap berinisiatif lebih menyerang dan tekanannya ditingkatkan," terangnya.

Hasil ini membuat Indonesia mengirimkan dua wakil ke babak 16 besar, Kamis (19/1). Jonathan Christie yang bertanding sehari sebelumnya, Selasa (17/1) telah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya.

29