Home Olahraga Menpora Luncurkan Maskot PON XXI Aceh-Sumut 2023

Menpora Luncurkan Maskot PON XXI Aceh-Sumut 2023

Banda Aceh, Gatra.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali, meluncurkan Po Meurah atau gajah putih sebagai maskot PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut), di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (28/1).

 

Pada kesempatan tersebut, Amali mengajak masyarakat Aceh agar mendukung persiapan pemerintah guna menggelar perhelatan olahraga empat tahunan itu.

 

“Saya optimis, masyarakat Aceh sangat siap menyambut kehadiran saudara-saudara dari seluruh Indonesia dengan ramah, sehingga mereka akan senang dan merasa aman agar kembali berkunjung ke Bumi Serambi Mekah, agar memberi dampak ekonomi yang besar bagi Aceh. Saya yakin, orang Aceh pasti bisa,” ujar Amali saat memberikan kata sambutan.

 

Jika masyarakat Aceh mampu mempersiapkan diri dengan keramahannya, jelas Menpora, hal itu tentu membuat para atlet dan tim pendamping menjadi nyaman.

 

"Dengan demikian, tentu mereka akan kembali berkunjung ke Aceh. Hal ini tentu berimbas positif bagi pertumbuhan ekonomi Aceh di masa mendatang,” kata Menpora.

 

Tidak semata sukses dari segi prestasi dan ekonomi, Amali juga mengingatkan agar perhelatan PON harus sukses secara administrasi.

 

“Jangan sampai saat semuanya sukses, justru secara administrasi tidak baik, ini tentu harus menjadi perhatian Pak Gubernur selaku Ketua Umum PB PON Aceh-Sumut Wilayah Aceh,” kata Amali berpesan.

 

Sebagai informasi, Pemerintah Aceh memilih Po Meurah atau Gajah Putih berkopiah Meukeutop sebagai maskot atas dasar perlambang kekuatan, kesetiaan dan persatuan.

 

Tak hanya maskot, Menpora juga meluncurkan Logo, dan Tagline PON XXI Aceh-Sumut. Logo PON Aceh-Sumut mengandung unsur obor PON, rencong, kain ulos Batak dan songket Melayu Ini merupakan simbol harmoni dua wilayah, Aceh dan Sumut. Sedangkan tagline yang diluncurkan adalah ‘Bersama Kita Juara.

243