Home Regional Polda NTB Terjunkan 2.367 Personel Amankan WSBK 2023

Polda NTB Terjunkan 2.367 Personel Amankan WSBK 2023

Mataram, Gatra.com – Guna memastikan keamanan, kenyamanan, dan kelancaran event World Superbike (WSBK) tahun 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Polda NTB menyiapkan tim gabungan TNI Polri dan stakeholder terkait lainnya sebanyak 2.367 personel.

“Sejak Selasa (28/2) kemarin pasukan pengamanan event World Super Bike (WSBK) tahun 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah tersebut, mulai diterjunkan,” kata Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Lalu Muhammad Iwan Mahardan, di Mataram, Rabu (1/3).

Baca Juga: Polisi Kawal Kedatangan Logistik WSBK

Untuk koordinasi pengamanan event WSBK itu, Polda NTB melaksankan Apel Gelar Pasukan Operasi Satu Mandalika Rinjani 2023 di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.

Ia menjelaskan, Operasi Mandalika Rinjani 2023 ini akan berlangsung selama satu pekan, sejak 1–7 Maret 2023. Pada pengamanan event WSBK Mandalika Tahun 2023 ini, dikerahkan sebanyak 2.367 personel terdiri dari TNI, Polri, dan stakeholder lainnya.

"Polda NTB menerjunkan 2.200 personel, sementara 167 personel merupakan BKO dari Polda Bali, Jatim, dan Mabes Polri," terangnya.

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diharapkan, lanjut dia, personel akan terfokus pada masalah gangguan Kamtibmas. Tidak hanya itu, kelancaran lalu lintas juga akan menjadi antisipasi Polda NTB.

"Selain gangguan keamanan, kami antisipasi lalu lintas. Karena dari pengalaman, waktu kedatangan penonton masih rapi mengikuti arahan personel. Nah, yang jadi masalah pada saat bubar, biasanya berantakan, itu kami antisiapsi," ucap Ruslan.

Baca Juga: Nonton WSBK Mandalika, Pelajar se NTB Ditawarkan Tiket Murah

Ia menyampaikan, Waka Polda NTB Brigjen Pol Ruslan telah mengarahkan Dirlantas, agar saat di lapangan nanti personel mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penonton. "Ukuran Polda agar bagaiamana masyarakat aman, jadi personel harus tetap siaga, terutama yang lalu lintas," tukasnya.

Gelaran WSBK tahun 2023 akan dimulai pada tanggal 3–5 Maret 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah. WSBK tahun ini merupakan gelaran ketiga kalinya yang akan berlangsung di Indonesia, khususnya Provinsi NTB.

352