Home Apa Siapa Ongky Hojanto: Pembicara Profesional, Penulis Buku Best Seller, dan Pengusaha Sukses

Ongky Hojanto: Pembicara Profesional, Penulis Buku Best Seller, dan Pengusaha Sukses

Jakarta, Gatra.com - Ongky Hojanto, seorang pembicara publik profesional, penulis buku best seller, dan pengusaha pendiri Public Speaking Academy dan Motivator Academy, terus memperoleh pengakuan dalam kariernya yang mengesankan. 

Dengan keahlian dalam komunikasi, kemampuan berbicara di depan umum yang luar biasa, dan pemikiran yang kuat, Hojanto telah menjadi tokoh yang dihormati dan diandalkan dalam industri public speaking.

Dilahirkan di Manado pada tanggal 30 November 1978, Ongky Hojanto adalah anak pertama dari pasangan dr. Charlie Hojanto dan Liana Andries. Dalam perjalanan hidupnya, Hojanto menikah dengan Fonny Lie dan dikaruniai tiga anak, yaitu A.S Meriel Lie Hojanto, A.J Brinet Lie Hojanto, dan A.E Carmen Lie Hojanto. Dia juga memiliki seorang saudara kandung bernama Christian Hojanto.


Pendidikan formal Hojanto mencakup gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Klabat, Sulawesi Utara, serta gelar Magister Ilmu Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Mercubuana dan Magister Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi Komunikasi Korporasi/Public Relations dari Universitas Sahid. 

Di samping itu, ia juga memperoleh berbagai sertifikasi prestisius seperti NLP Mastery Practitioner dari Mind Transformations Singapore, NLP Trainer dari NFNLP, USA dan IANLP, Switzerland, Firewalk Instructor dari FIRE Institute, USA, serta International Coach Certification dari Leadership Management International, USA.

Sebagai seorang penulis, Ongky Hojanto telah menghasilkan serangkaian buku yang menjadi best seller di Indonesia. Karya-karyanya yang terkenal antara lain "The Secret to be Success" (Andi Publisher, 2008), "Financial Revolution in Action" (bersama Tung Desem Waringin, Gramedia, 2011), "Public Speaking Mastery" (Gramedia, 2013), "Trainerpreneur" (Gramedia, 2015), "Presentation Mastery" (Gramedia, 2017), dan "Public Speaking Mastery in Action" (2018).

Prestasi Hojanto tak hanya berhenti pada dunia tulis-menulis, tetapi juga sebagai pembicara dan pelatih di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah. Dalam perjalanan karirnya yang cemerlang, ia telah memberikan pelatihan dan motivasi kepada klien-klien terkemuka di Indonesia, termasuk beberapa bank ternama seperti Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Negara Indonesia. 

Selain itu, ia juga menjalin kerja sama dengan berbagai kementerian seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Ongky Hojanto juga telah bekerja dengan sejumlah perusahaan terkemuka di berbagai sektor, termasuk perbankan, telekomunikasi, properti, barang konsumen, asuransi, pendidikan, penerbangan, otomotif, dan multi level marketing. Di antara klien-klien yang pernah bekerja sama dengan beliau terdapat Telkom Indonesia, PT Indosat, PT XL Axiata, Lippo Group, PT Mayora Indah Tbk, PT Astra Graphia Tbk, PT AIA Financial, PT Prudential Life Assurance, dan banyak lagi.

Penghargaan juga menghiasi karir gemilang Ongky Hojanto, termasuk penghargaan sebagai penulis buku best seller dari Gramedia atas karyanya yang berjudul "Public Speaking Mastery", serta penghargaan "Indonesia Outstanding Instructor" pada tahun 2020 dari Skill Academy by Ruang Guru.

Ongky Hojanto, saat dihubungi terkait kesuksesannya, mengatakan, dirinya sangat berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh masyarakat, klien, dan rekan-rekan seprofesi. 

“Menjadi pembicara publik, penulis, dan pelatih adalah panggilan hidup saya. Saya berkomitmen untuk terus berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta membantu individu dan organisasi meraih keberhasilan melalui public speaking,” ujarnya.

Dengan keterampilan komunikasi yang luar biasa, keahlian berbicara di depan umum, dan pemikiran yang kuat, Ongky Hojanto terus menginspirasi dan memotivasi orang-orang dari berbagai latar belakang. Ia telah membantu individu dan organisasi mencapai kesuksesan melalui pelatihan, seminar, serta melalui buku-buku inspiratif yang ditulisnya.

823