Home Internasional Kapal Tanker Terkait Israel Disita di Lepas Pantai Aden Yaman

Kapal Tanker Terkait Israel Disita di Lepas Pantai Aden Yaman

Aden, Gatra.com - Sebuah kapal tanker minyak yang terkait dengan Israel kembali disita di lepas pantai Aden, Yaman, oleh kekuatan tak dikenal. 

“Central Park, yang dikelola dan dimiliki oleh Zodiac Maritime, disita di Teluk Aden,” kata perusahaan intelijen swasta, Ambrey, dikutip The Associated Press, pada Minggu (26/11).

Belum jelas siapa yang bertanggungjawab berada di balik serangan itu.

Aden yang dikuasai oleh pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Yaman, yang diakui secara internasional dan koalisi pimpinan Arab yang telah memerangi militan Houthi yang didukung Iran, selama bertahun-tahun.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS, yang berpatroli di Timur Tengah, tidak segera menanggapi pertanyaan dari The Associated Press. 

Ambrey mengatakan bahwa tampaknya “pasukan angkatan laut AS terlibat dalam situasi ini dan telah meminta kapal-kapal untuk menjauhi daerah tersebut.”

Penyitaan Central Park terjadi setelah sebuah kapal kontainer, CMA CGM Symi, milik seorang miliarder Israel diserang pada hari Jumat, oleh pesawat tak berawak Iran di Samudera Hindia ketika Israel melancarkan perang terhadap Hamas di Jalur Gaza. Seorang pejabat pertahanan Amerika pada hari Sabtu.

Pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak diperbolehkan membahas masalah intelijen.

Serangan-serangan tersebut terjadi ketika pelayaran dunia semakin menjadi sasaran perang selama berminggu-minggu, yang mengancam akan menjadi konflik regional yang lebih luas – bahkan ketika gencatan senjata telah menghentikan pertempuran dan Hamas menukar sandera dengan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Dalam perang Israel-Hamas, yang dimulai dengan serangan militan pada 7 Oktober, Houthi menyita sebuah kapal pengangkut kendaraan di Laut Merah di lepas pantai Yaman.

99