Home Gaya Hidup PWI Tetapkan Jurnalis Pemenang Anugerah Adinegoro 2023

PWI Tetapkan Jurnalis Pemenang Anugerah Adinegoro 2023

Jakarta, Gatra.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, 6 Februari 2023, mengumumkan pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 di TVRI. Pengumuman yang disampaikan dalam gelar wicara berjudul ‘‘Dialog Khusus Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dan Hari Pers Nasional 2024” itu, selain menghadirkan Ketua Panitia Hari Pers Nasional 2024 Marthen Selamet Susanto dan Rita Sri Hastuti (Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023), juga Sigit Wijatmoko (Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta), Marolli J, Indarto (Plt. Direktur IK Polhukam-DJIKP Kominfo), serta A. Sapto Anggoro (Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers).

Para narasumber mengakui bahwa saat ini dunia media massa mendapat tantangan besar, terutama soal teknologi yang sekarang sudah banyak dipengaruhi artificial intelligence atau kecerdasan buatan. “Memang harus kita akui, ekspansi media sosial dan media online masif, tapi pemerintah terkait pers sudah membangun ekosistem dengan baik. Pemerintah senantiasa mendukung pers yang memberitakan berita secara berimbang, sekaligus menjadi kontrol dan menyuarakan kebutuhan masyarakat," ungkap Marolli J, Indarto selaku Plt. Direktur IK Polhukam-DJIKP Kominfo.

Sementara anggota Dewan Pers, Sapto Anggoro menyebut tantangan terbesar insan pers saat ini adalah bertahan menghadapi derasnya arus teknologi. "Saya yang biasa mengurusi pendataan, melihat tantangan terbesarnya adalah memperkuat independensi pers. Kenyataannya, saat ini media yang terverifikasi masih sekitar 1800-an media, tapi melihat jumlah tersebut, yang berkualitas tidak lebih 10 persen saja", ungkapnya.

"Kita juga menghadapi tantangan lain yaituteknologi. Hari-hari ini tantangannya adalah menaklukkan AI. Sebab yang terpenting bagi media hanya satu, yaitu kredibilitas. Kalau tidak kredibel, habis. Ini tantangan kita bersama," tambah Sapto yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers.

Berangkat dari hal tersebut, maka pelaksanaan Hari Pers Nasional 2024 dengan tema yang salah satu unsur komponennya adalah Anugerah Jurnalistik Adinegoro, memberikan perhatian khusus kepada perkembangan teknologi informasi. Berbagai acara yang digelar sebagai bagian Hari Pers Nasional memberikan porsi mengenai arah media ke depan di era digital.

"Kita harus bisa mengelola tantangan. Jakarta kembali menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2024 setelah tahun 2021 saat Covid menderas. Hal itu sejalan dengan cita-cita Jakarta untuk menjadikan HPN kali ini sebagai momentum bersama menghadapi tantangan teknologi informasi, ungkap Sigit Wijatmoko selaku Asisten Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

Dialog Khusus Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dan Hari Pers Nasional 2024 yang disiarkan secara langsung oleh TVRI tersebut, juga memberikan sesi khusus untuk pengumuman pemenang. Seluruh narasumber yang hadir lantas membacakan satu persatu nama pemenang masing-masing kategori. Ada tujuh kategori yang dilombakan dalam Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 dengan tema, ‘Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi‘.

Dan berikut adalah para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023:

1. Kategori Jurnalistik Media Cetak

Judul: Ada Instruksi Jelang Kontestasi

Media: Majalah Berita Mingguan GATRA

Pemenang: Aditya Kirana

2. Kategori Jurnalistik Media Siber

Judul: Teror di Tanah Papua

Media: Kumparan

Pemenang: Tim Kumparan (Anggi Kusumadewi, Andreas Ricky Febrian, Erandhi Hutomo Saputra, Agaton Kenshanahan, Abdul Latif, Indra Subagja).

3. Kategori Jurnalistik Media Televisi

Judul: Asa Pencari Keadilan

Media: Perum LKBN Antara

Pemenang: Tim LKBN Antara (Hilary Bernadetha Rangan Pasulu, Prisca Triferna Violleta, Syamsul Rizal).

4. Kategori Jurnalistik Media Radio

Judul: Merawat Semangat Kebangsaan melalui Daulat Energi

Media: Radio Elshinta

Pemenang: Tim Radio Elshinta (Haryo Ristamaji, Arik, dan Rahman).

5. Kategori Jurnalistik Media Foto

Judul: Semarak Agustusan Siswa Tunanetra dan Autis Lomba Cuci Bendera

Media: Jawa Pos Radar Semarang

Pemenang: Nur Chamim

6. Kategori Jurnalistik Media Karikatur

Judul: AI, Sahabat atau Musuh?

Media: Ipol.id

Pemenang: Muhammad Syaifuddin

7. Kategori Jurnalistik Video Media Sosial

Judul: Gagal Ginjal Akut: Anak Masih Harus Terus Cuci Darah, Orang Tua Cari Keadilan

Media: BBC News Indonesia

Pemenang: Tim BBC News Indonesia (Anindita Pradana Gunita, Muhammad Irham, Valdya Baraputri).

Panitia menyediakan hadiah Rp35 juta untuk pemenang tiap kategori, trofi Anugerah Jurnalistik Adinegoro, serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2024. Hadiah akan diserahkan di hadapan Presiden Joko Widodo pada acara puncak HPN 2024 di Ecovention Park Ancol, Jakarta, pada 20 Februari mendatang.

Ketua Panitia HPN 2024 Marthen Selamet Susanto menambahkan bahwa peringatan acara puncak HPN yang biasanya digelar 9 Februari dan bertepatan dengan hari lahir PWI, untuk tahun ini digeser ke tanggal 20 Februari 2024. "Kita berharap Pemilu dan juga Pilpres 14 Februari bisa kita jaga bareng-bareng. Karena itu khusus tahun 2024 ini, peringatan acara puncak HPN yang bertemakan "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa" digeser menjadi tanggal 20 Februari," ujar Marthen. Beberapa agenda acara menuju ke acara puncak HPN, termasuk Konvensi Media Massa dipusatkan di Candi Bentar Ancol mulai 17 hingga 19 Februari 2024.

"Anugerah Jurnalistik Adinegoro bukan hanya sekadar penghargaan kepada wartawan. Namun Anugerah Jurnalistik Adinegoro telah menjadi kebanggaan kalangan pers di Indonesia. Baik dari sisi kualitas karya pemenang, kredibilitas dewan juri, hadiah yang diberikan serta kesempatan berada di tempat terhormat di acara puncak peringatan Hari Pers Nasional yang disaksikan bukan hanya oleh Presiden namun juga sebagian besar insan pers di tanah air," ujar Rita Sri Hastuti, selaku Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro PWI Pusat.

87