Home Gaya Hidup Semangat Filantropi di Malam Penggalangan Dana Indonesian Dance Festival 2024

Semangat Filantropi di Malam Penggalangan Dana Indonesian Dance Festival 2024

Jakarta, Gatra.com - Yayasan Loka Tari Nusantara (YLTN) dan Indonesian Dance Festival (IDF) menggelar Malam Penggalangan Dana untuk mendukung koreografer dan pekerja seni pertunjukan dalam penyelenggaraan festival edisi 2024. Acara ini bermitra dengan The Dharmawangsa Jakarta.

Dalam acara yang dilangsungkan pada Kamis, 2 Mei 2024 ini, aktor Dian Sastrowardoyo dan Reza Rahadian bergabung dengan seniman tari Rianto dan Boby Ari Setiawan menampilkan koreografi spesial kreasi dari maestro tari Elly Lutan. Narasi pertunjukan ditulis oleh sastrawan Putu Fajar Arcana, yang juga duduk di dewan YLTN. Di balik layar, seluruh rangkaian acara diarahkan oleh Inet Leimena.

Baca Juga: Mengusung RASA di Indonesian Dance Festival 2022

Selain pertunjukan tari, acara Malam Penggalangan Dana ini juga menghadirkan sesi lelang karya seni para seniman dari berbagai disiplin. Diantaranya adalah pematung senior Dolorosa Sinaga, desainer Merdi Sihombing dan Didiet Maulana melalui label busana custom attire SVARNA by IKAT Indonesia, dan jenama perhiasan TULOLA.

Reza Rahadian dan Dian Sastrowardoyo di Malam Penggalangan Dana Indonesian Dance Festival 2024 (Dok. IDF)

Karya-karya mereka dipresentasikan di area foyer Nusantara tempat acara berlangsung oleh Serrum Art Handling. Biro spesialis lelang karya seni Indonesia, Sidharta Auctioneer, memimpin jalannya lelang secara langsung maupun jarak jauh (silent auction). Donasi yang dihasilkan dari lelang dan penjualan kursi dalam acara ini mencapai lebih dari Rp430 juta rupiah.

Malam Penggalangan Dana ini diadakan untuk mendukung penyelenggaraan IDF yang dijadwalkan di Jakarta pada 2-6 November 2024. Untuk diketahui, selama 32 tahun terakhir, IDF telah diadakan sebanyak 18 edisi dan menjadikannya festival tari kontemporer terlanggeng di Asia Tenggara.

Setiap edisi festival menampilkan seniman tari yang telah mapan dalam kekaryaan mereka dari Indonesia maupun mancanegara, juga koreografer muda yang sedang merintis karier. Beberapa figur tari yang pernah menampilkan karya mereka di IDF termasuk Eko Supriyanto, Rianto, Hari Ghulur, Otniel Tasman, Ayu Permatasari, dan Sherli Novalinda.

Baca Juga: Lawatari Indonesian Dance Festival Melawat ke Padang Panjang

Nungki Kusumastuti, Ketua Yayasan Loka Tari Nusantara, mengatakan bahwa dirinya mewakili para co-founder festival, Maria Darmaningsih dan Melina Surya Dewi, sangat bersyukur atas dukungan para mitra. IDF, katanya, dimulai dengan kenekatan beberapa dari mereka.

“Sikap ini didasari cita-cita kami sebagai seniman untuk memajukan ekosistem tari di Indonesia. IDF bisa bertahan selama lebih dari 30 tahun karena ada nilai-nilai yang ingin kami rawat, salah satunya untuk bisa terus mendukung generasi baru pelaku tari,” ucap Nungki.

Adapun Ratri Anindyajati, Direktur Indonesian Dance Festival, mengatakan bahwa acara ini sudah dua tahun direncanakan. “Diinisiasi oleh tim muda IDF, upaya galang dana dalam bentuk Gala Dinner dan Lelang ini pertama kali dilakukan dalam sejarah tiga dekade IDF dan menunjukkan bahwa peminat seni di Indonesia memiliki kepedulian untuk memberi dampak bagi ekosistem seni dan budaya,” jelas Ratri.

Lebih lanjut Ratri menegaskan bahwa ada semangat filantropi yang kuat untuk turut memajukan seni pertunjukan di Indonesia. Dalam hal ini peran tim IDF adalah terus bekerja untuk menghubungkan filantropis individual maupun lembaga dengan pelaku di komunitas tari, demi merawat nilai-nilai yang telah diperjuangkan.

Nungki Kusumastuti dan Ratri Anindyajati di Malam Penggalangan Dana Indonesian Dance Festival 2024 (Dok. IDF)

Dengan dukungan Dana Indonesiana, yang merupakan dana abadi kebudayaan yang dikelola Kemendikbudristek, IDF telah memulai rangkaian program Road to IDF 2024 sejak Agustus 2023. Program yang telah dijalankan termasuk festival tari keliling Lawatari di Makassar (September 2023), Padang Panjang (Desember 2023), dan Yogyakarta (Januari 2024) dan acara bincang tari bulanan Dance Talks Pop yang tayang di kanal Youtube Indonesian Dance Festival.

Sebagai salah satu unit usahanya, IDF juga rutin mengadakan kelas tari yang terbuka untuk semua gender dan tingkat kemampuan peserta. Dana hibah yang didapat, digabungkan dengan dukungan dari pemangku kepentingan swasta dan pemerintah, serta donasi yang dikumpulkan lewat Malam Penggalangan Dana, akan digunakan untuk memfasilitasi seniman yang terlibat dalam IDF 2024 maupun tim kerja yang bekerja di balik layar sepanjang tahun dan menjelang festival.

183