Home Pemerintahan Daerah Buka Pameran Otomotif GIIAS, Menperin: Industri Otomotif Andalan Indonesia 4.0

Buka Pameran Otomotif GIIAS, Menperin: Industri Otomotif Andalan Indonesia 4.0

 

Surabaya, Gatra.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan Industri otomotif merupakan salah satu sektor yang menajdi andalan Indonesia 4.0 dan antara ekspor dan impor juga industri menghasilkan devisa.

“Industri ini juga semkain kompetitif bila konten lokalnya semakin meningkat. Ini menjadi kunci keberhasilan industri auotomotif untuk menjadi Shub di ASEAN ataupun di Asia,” kata Airlangga saat membuka ajang otomotif terbesar di Indonesia GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) di Grand City Mall, Surabaya, Jumat (29/3).

Menperin menyebut jumlah penjualan kendaraan roda empat selama 2018 berjumlah 1,3 juta unit kendaraan, atau senilai USD 13,7 miliar. Sementara jumlah ekspor mencapai 346.000 unit atau setara dengan USD 4,78 miliar.

Kemenperin kata Airlangga mendorong industri yang disebut Low Carbon Emission Veichle dengan tiga progam, yaitu dengan kendaraan hemat energi harga terjangkau, LCGC itu harganya harus di bawah Rp 200 juta, yang menjadi mayoritas penjualan. Kemudian electric vehicle dan flexy ngine.

“Ke depan harus dipersiapkan dan bisa memproduksi bio fuel dari kelapa sawit atau CPO. Sekarang menjadi pembicaraan antara Indonesia dan Eropa. Eropa melarang bahan bakar dengan kelapa sawit. Dan ini merupakan unfairplay practice. Pemerintah mengkaji langkah lanjutan dari pada trik yang tidak fair ini," kata Airlangga.

Airlangga menyebut bahwa saat ini pemerintah tengah meningkatkan pengunaan biofuel dan didorong Bio 20 menjadi Bio100.

"Di Brasil mengunakan etanol menjadi Etanol100. Kita bisa menggunakan kepala sawit yang kita sebut dengan green aftur atau biodisel 100, yang prosesnya dalam waktu 2 tahun bisa produksi. Produksi green diesel ini setara dengan euro empat. Dari uji emisi itu memenuhi persyaratan dari lingkungan," katanya.

Baca Juga: Industri Otomotif Berkontribusi 10,16% Kepada Perekonomian Nasional

Kegiatan GIIAS The Series, diselenggarakan mulai 29 Maret hingga 7 April 2019 ini, dengan target 50 ribu pengunjung. Dengan target penjualan sebanyak 2.500 unit, naik pada penjualan pada tahun 2018 lalu sebanyak 2.200 unit.

GIIAS di Surabaya ini merupakan ajang pembuka rangkaian Pameran GIIAS 2019 di Indonesia. Selanjutnya akan diadakan di Jakarta, Makassar dan Medan.

"Surabaya ini akan menjadi seri pembuka Jakarta, Makassar dan Medan. Target audience 50 ribu pengunjung," kata Airlangga.

Hadir dalam pembukaan GIIAS 2019, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dan sejumlah anggota DPR dari fraksi Golkar.


Anthony Djafar

176

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR