Home Kesehatan Konsumsi Sayur dan Buah-buahan Dapat Menekan Risiko Kanker dan Jantung

Konsumsi Sayur dan Buah-buahan Dapat Menekan Risiko Kanker dan Jantung

 

New York, Gatra.com – Banyak yang menganggap mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat mencegah terjadinya penyakit hanyalah isapan jempol belaka. Faktanya, ada banyak manfaat baik bagi kesehatan yang tidak boleh disepelekan dari makanan tersebut seperti menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung (kardiovaskular).

Sebuah studi pada 2004 menunjukkan, bahwa makan lima atau lebih porsi buah dan sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke sebanyak 30% dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari 1,5 porsi sehari.

Sementara itu, sebuah penelitian pada 2010 yang menelusuri kebiasaan makan 478.000 orang Eropa memperlihatkan bahwa banyak makan buah dan sayuran memiliki efek pada pencegahan kanker. Studi tersebut melibatkan 142.605 pria dan 335.873 wanita yang dipantau selama hampir sembilan tahun.

Baca Juga: Basmi Obesitas, Cobalah Ketofastosis

Dalam penelitian tersebut juga menjelaskan bagaimana buah dan sayuran dapat mengurangi risiko kanker hingga 4% dengan setidaknya mengonsumsi dua porsi sayuran per hari. Selain mencegah kanker, sayuran dan buah-buahan juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Diterbitkan di The Journal of National Cancer Institute, sejumlah studi yang mempelajari potensi buah-buahan dan sayuran untuk menurunkan risiko kanker membuktikan, sayuran tertentu mengandung senyawa yang ampuh melawan kanker. Misalnya, likopen dari tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Studi lain mengkonfirmasi bahwa konsumsi sayuran yang tinggi menurunkan risiko penyakit jantung. “Kami sekarang memiliki lebih banyak informasi terkait asupan buah dan sayuran yang dapat menekan risiko penyakit kardiovaskular," kata Ketua Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health, Dr. Walter Willett yang dilansir dari Medical Daily. "Dengan demikian mengonsumsi sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan melihat manfaatnya yang baik bagi kesehatan, terutama untuk penyakit jantung dan stroke," imbuhnya.


Reporter: RSP/MedicalDaily

Editor: Flora L.Y. Barus

2666

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR