Home Politik Soal Insiden Kapal Vietnam, Luhut Sebut Tengah Lakukan Investigasi

Soal Insiden Kapal Vietnam, Luhut Sebut Tengah Lakukan Investigasi

Jakarta, Gatra.com - Menanggapi insiden 2 Kapal Vietnam yang menabrak kapal Patroli TNI AL, KRI Tjiptadi 381 yang tengah lakukan patroli di utara perairan Natuna pada 27 April 2019, Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan sebut tengah lakukan investigasi.

"Sekarang sedang dilakukan investigasi dengan cermat. Kita sedang lihat di google map itu apakah areanya itu selisih dengan mereka atau gimana," katanya di gedung Menko Maritim Jakarta, (08/05).

Insiden tersebut bermula ketika KRI Tjiptadi 381 melakukan penegakan hukum dalam penangkapan kapal ilegal fishing Vietnam BD 979 di ZEE Indonesia di laut Natuna Utara. Tak terima dengan tindakan tersebut, 2 kapal Vietnam KN 264 dan KN 231.

Mengenai klaim apa yang dilakukan pihak Indonesia yang dirasa benar atas wilayah tersebut dan masuk ZEE Indonesia Luhut sampaikan untuk memastikan dahulu.

"Kita sedang memastikan apa sih yang terjadi di situ. Apakah overlap area atau apa. Kita tidak boleh buru-buru terus marah-marah," jelasnya.

Luhut juga menambahkan mengenai insiden tersebut harus ada harmonisasi dan evaluasi peraturan dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla). Semua itu dilakukan agar kewenangan jelas tidak saling klaim antara pihak Vietnam dan Indonesia. "Jadi Coast Guard International nanti," ungkapnya.

 

 

 

 

 

 

1383