Home Olahraga Inggris Cetak Sejarah Final Champions dan Liga Eropa

Inggris Cetak Sejarah Final Champions dan Liga Eropa

New York, Gatra.com - Klub asal Inggris telah menorehkan sejarah baru dalam dunia sepak bola dengan mengirimkan empat perwakilannya ke final di dua kompetisi besar Eropa yakni Liga Champions dan Liga Eropa.

Arsenal berhasil menang atas Valencia dan kemenangan Chelsea atas Eintracht Frankfurt pada Kamis (9/5) waktu setempat, mengantarkan keduanya ke final Liga Eropa. Hal ini mengikuti kemenangan dramatis Liverpool melawan Barcelona serta Tottenham melawan Ajax pada ajang Liga Champions.

Ini menjadi yang pertama dalam sejarah di mana keempat finalis di dua kompetisi paling bergengsi di benua biru tersebut berasal dari satu negara. Sebelumnya, hanya ada dua kali catatan final antar klub asal Inggris yaitu Tottenham yang mengalahkan Wolves pada Kompetisi UEFA tahun 1971-72, dan Manchester United yang mengalahkan Chelsea di Liga Champions tahun 2007-2008.

Sementara Spanyol pernah mengirimkan tiga wakil klubnya di final kedua liga tersebut pada tahun 2015-2016. Real Madrid dan Atletico Madrid yang saat itu bertanding demi piala Liga Champions, serta Sevilla di bawah arahan pelatih Unai Emery yang berhasil memenangkan Liga Eropa.

“Di Inggris, kompetisi sangat ketat dan Premier League adalah liga terbaik di Eropa,” kata pelatih Chelsea, Maurizio Sarri dikutip dari BBC, Jumat (10/5).

Arsenal dan Chelsea akan bertemu di Stadion Olimpik Baku, Azerbaijan --sekitar 2.468 mil dari London-- pada 29 Mei mendatang, dengan tiket Liga Champions menanti untuk Arsenal apabila dapat memenangkan pertandingan tersebut. Sementara Chelsea sudah memastikan tempat mereka di Liga Champions musim depan setelah berhasil mengamankan diri di posisi empat klasemen Premier League.

Stadion Olimpik Baku memiliki kapasitas 68.700 kursi namun UEFA hanya mengalokasikan 6.000 tiket untuk supporter masing-masing klub. Sebuah keputusan yang menurut Arsenal “mengecewakan”. Sementara Tottenham dan Liverpool akan bertemu di Madrid pada 1 Juni. Kedua supporter dari masing-masing klub juga dihadapkan dengan masalah perjalanan yang harus di tempuh, karena penerbangan langsung dari UK ke Madrid menghabiskan £1,300 dan terdapat beberapa maskapai penerbangan yang dikabarkan mencari keuntungan memanfaatkan momen ini.

Prestasi lain yang berhasil diraih klub Premier League lainnya adalah keikutsertaan dalam ajang UEFA Super Cup pada Agustus dengan klub yang berasal dari Inggris. Pertandingan tersebut akan diselenggarakan di Istabul, Turkey.

671