Home Politik Ini Daftar 50 Anggota DPRD Medan 2019-2024

Ini Daftar 50 Anggota DPRD Medan 2019-2024

Medan, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan telah merampungkan rekapitulasi perhitugan suara Pemilu serentak 2019, Minggu (12/5).

Dari hasil rekapitulasi KPU Kota Medan, telah dapat dilihat 50 anggota DPRD Medan terpilih untuk priode 2019-2024. Hanya 17 caleg petahana yang kembali bertahan, 33 lainnya adalah pendatang baru. PDIP dan Gerindra masing-masing mendapatkan 10 kursi, PKS 7 kursi, PAN 6 kursi, Nasdem, Golkar, Demokrat 4, Hanura 2 kursi, PPP 1 kursi, PSI 2 kursi.

Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik mengungkapkan hasil rekapitulasi yang mereka lakukan akan disampaikan ke KPU Sumut untuk rekapitulasi tingkat provinsi "Nanti KPU RI yang menetapkan caleg terpilih pada 22 Mei, dua hari setelah keputusan diberikan kesempatan untuk mengajukan gugatan sengketa pemilu ke MK," ujar Agus di Hotel Grand Ina, Medan, Minggu (12/5) dinihari.

Terpisah, Sekretaris DPRD Medan, Abdul Aziz mengungkapkan ada beberapa item penghasilan yang akan diterima para anggota dewan mulai dari gaji, tunjangan keluarga, tunjangan komunikasi, tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi setelah dilantik. "Kalau ditotal sebulan bisa Rp45-50 juta perbulan penghasilan anggota DPRD Medan," katanya.

Diluar itu, lanjut dia, anggota DPRD Medan bisa mendapat uang dari hasil perjalanan dinas baik di dalam, luar kota serta luar negeri. Namun, ia tidak bersedia mengungkapkan berapa besaran jumlah uang perjalanan dinas yang akan diterima anggota dewan setiap "pelesiran.”. "Jumlahnya variatif tergantung daerah tujuan, saya gak ingat angkanya berapa," ucapnya.

Sedangkan untuk kunjungan keluar negeri, ia menyebut biasanya setiap anggota dewan mendapat jatah satu kali dalam setahun. Untuk mobil dinas, Abdul Aziz mengaku hanya unsur pimpinan DPRD Medan yang mendapatkannya. Sedangkan untuk anggota biasa tidak lagi karena sudah ada uang transportasi.

Sebelumnya, ia juga mengungkapkan bahwa setiap anggota DPRD Medan yang berakhir masa jabatannya akan mendapat uang tanda jasa pengabdian atau pesangon. Disisi lain, bagi anggota DPRD Medan priode 2014-2019 yang akan menerima semacam uang pesangon ketik berakhir masa jabatannya. "Ada sejenis uang pesangon untuk yang tidak terpilih, itu diatur di PP 18/2016 tentang hak keuangan anggota DPRD," terangnya.

Jumlah besaran uang pesangon yang akan diberikan kepada anggota dewan yang tidak terpilih belum bisa ia pastikan. Sebab, akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Masing-masing daerah berbeda, karena menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Saat ini sudah masuk ke dalam tahapan pembahasan KUA-PPAS P-APBD 2019, nanti di sana akan kita alokasikan anggarannya, karena di APBD 2019 belum dianggarkan untuk pemberian uang pesangon," terangnya.

Ia menambahkan pada priode lalu anggota dewan yang tidak terpilih diberikan cincin emas seberat 10 gram. "Kalau pridoe saat ini tidak diperkenankan lagi memberikan cincin atau hadiah seperti itu," terangnya.

Berikut nama-nama anggota DPRD Medan terpilih untuk priode 2019-2024. Petahana : Edward Hutabarat (PDIP), Rajuddin Sagala (PKS), Dame Duma Sari Hutagalung (Gerindra), Robi Barus (PDIP), Bahrumsyah (PAN), Surianto (Gerindra), Mulia Asri Rambe (Golkar), Abdul Rani (PPP), Paul Mei Anton (PDIP), Wong Cun Sen (PDIP), Sahat Simbolon (Gerindra), Modesta Marpaung (Golkar), Hasyim (PDIP), Ihwan Ritonga (Gerindra), Hendra DS (Hanura), Daniel Pinem (PDIP), Burhanuddin Sitepu (Demokrat)

Pendatang Baru : Abdul Rahman (PAN), Renvelli Pandapotan Napitupulu (PSI), Antonius Devolis Tumanggor (Nasdem), Radiawan Sitorus (PKS), Aulia Rachman (Gerindra),T Edriansyah Rendy (Nasdem), Ishaq Abrar M Tarigan (Demokrat), Janses Simbolon (Hanura), Siti Suciati (Gerindra), Sudari (PAN), Netty Yuniatu Siregar (Gerindra), Edwin Sugesti (PAN), Irwansyah (PKS), Parlindungan Sipahutar (Demokrat), David Roni Sinaga (PDIP),Dedy Aksyari Nasution (Gerindra), Rudiyanto (PKS), Edi Saputra (PAN),M Rizki Nugraha (Golkar), Dodi Robert Simangunsong (Demokrat), Afif Abdillah (Nasdem), Dhiyaul Hayati (PKS), Mulia Syahputra Nasution (Gerindra), Muhammad Afri Rizki (Golkar), Sukamto (PAN), Habiburrahman Sinuraya (Nasdem), Johanes Haratua (PDIP), Syaiful Ramadhan (PKS), Erwin Siahaan (PSI), Suranta Meliala (Gerindra), Hendri Duin (PDIP), Abdul Latief Lubis (PKS), Margaret MS (PDIP).

Reporter : Putra TJ

21606