Home Kesehatan Terminal Tirtonadi Percontohan Terminal Sehat

Terminal Tirtonadi Percontohan Terminal Sehat

Solo, Gatra.com – Pemerintah menunjuk Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta sebagai percontohan program terminal sehat tingkat nasional. Terminal Tirtonadi dipilih karena dinilai telah memberikan pelayanan yang baik bagi penumpang.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan RI Djoko Sasono mengatakan terpilihnya Terminal Tirtonadi ini menjadi keistimewaan Kota Solo. Sebab Terminal Tirtonadi memiliki fasilitas terminal sekelas bandar udara.

”Makanya standard kesehatan ini menjadi salah satu faktor penting. Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanannya,” ucapnya usai peluncuran program Percontohan Nasional Terminal Sehat di Terminal Tirtonadi Surakarta, Rabu (29/5).

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari mengatakan, program percontohan terminal sehat ini dimulai dari terminal tipe A, salah satunya Tirtonadi. Ia berharap, program ini bisa diterapkan di seluruh terminal.

Salah satu syarat terminal sehat adalah sarana dan prasarananya memadai. Mulai toilet, tempat cuci tangan, hingga pengelola makanan yang diberi edukasi mengenai syarat makanan sehat.

Terminal dibina dan didampingi Dinas kesehatan Kota (DKK) Surakarta dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Yogyakarta. ”Harapannya pengunjung, penumpang, pengemudi, pengelola, dan pelaku usaha bisa menjalankan aktivitas dengan baik dan sehat di terminal,” jelasnya.

Menurutnya, program ini penting karena saat ini tantangan kesehatan semakin besar. Untuk itu, terminal juga harus memiliki kelengkapan dan pelayanan kesehatan.

Contoh fasilitas kesehatan ini antara lain ruang laktasi untuk mendukung kenyamanan menyusui dan sarana sanitasi untuk mendukung lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat.

 

 

345