Home Gaya Hidup Warga Serbu Kuliner Gratis Khas Betawi di TMII

Warga Serbu Kuliner Gratis Khas Betawi di TMII

Jakarta, Gatra.com- Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ramai diserbu pengunjung. Salah satu alasan ramainya anjungan tersebut ialah viralnya info ada kuiner khas betawi yang dibagikan secara gratis dalam rangka merayakan hari ulang tahun Jakarta ke-492, Sabtu (22/5).

Kepala Anjungan DKI Jakarta, Fadlan, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 1000 kupon. "Untuk makanannya secara total, kita sudah siapkan 2000 porsi," ujarnya di Anjungan DKI Jakarta, TMII, Jakarta, Minggu (23/6). 

Ia tidak mengetahui pasti berapa banyak porsi yang disediakan oleh masing-masing jenis makanan, namun soto Betawi merupakan makanan yang disediakan dalam porsi dalam jumlah yang cukup banyak. Sementara, dalam acara ini ada sekitar 20 stand makanan yang siap membagikan makanannya secara gratis. 

Kupon baru bisa ditukarkan pukul 13.30 WIB dan hanya bisa digunakan untuk sekali makan. Makanan yang ludes kurang lebih dari satu jam ialah ketupat babanci yaitu ketupat yang  berkuahkan santan dengan irisan daging, serta emping. Adapun Ketupat Babanci adalah kuliner khas Betawi yang kini sudah sangat jarang dijumpai karena langkanya beberapa bumbu yang dibutuhkan, dimana untuk masakan ini dibutuhkan sedikitnya 21 bumbu dan rempah. Sayang, untuk salah satu kuliner ikonik lain seperti bubur ase, pengunjung kurang meminatinya. 

Sumiatun, warga asal Pejaten Timur, mengaku tak rugi ikut mengantre untuk mendapatkan kupon. "Enggak sia-sia lah mengantre, makanannya enak," ujarnya sembari menyantap sepiring nasi ulam. 

542