Home Ekonomi Kemenag Mencatat Daftar Tunggu Keberangkatan Haji Mencapai 17 Tahun

Kemenag Mencatat Daftar Tunggu Keberangkatan Haji Mencapai 17 Tahun

Medan, Gatra.com - Setiap umat muslim diseluruh belahan dunia tentu ingin menjalani ibadah haji. Sebab, menjalankan rukun iman kelima itu akan menyempurnakan keimanannya sebagai umat muslim.

Tetapi, untuk bisa berangkat haji tidaklah mudah, butuh kesabaran ekstra. Karena, persoalannya bukan hanya biaya untuk bisa berangkat berangkat haji. Masyarakat harus melunasi seluruh biaya haji serta harus menunggu.

Baca Juga: Pemprov Sumut Berencana Pindahkan Asrama Haji Baru

Kementrian Agama Sumut mencatat hingga 24 Juni 2019 ada 133.575 orang yang masuk daftar tunggu keberangkatan haji. "Masa tunggunya mencapai 17 tahun," kata Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Iwan Zulhami di Asrama Haji Medan, Selasa (25/6)

Dijelaskannya, pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I yakni 19 Maret - 15 April 2019. Untuk tahap II 30 April - 10 Mei 2019. Tahap III 20 - 25 Juni 2019 dan tahap IV 27 Juni - 2 Juli 2019.

Baca Juga: Quota CJH Tanjungpinang Bertambah

"Jumlah jamaah haji yang telah melunasi BPIH dan akan berangkat haji pada tahun ini sebanyak 8.531 orang untuk Provinsi Sumut yang tergabung di dalam 22 kelompok terbang (kloter)," jelasnya.

Dalam memberikan pelayanan transportasi, kata dia, Kanwil Kemenag Sumut telah melakukan rapat pemantapan jadwal penerbangan yang dilaksanakan di Jakarta. "Untuk tahun ini Embarkasi Medan masih menggunakan pesawat Garuda Boeing 777-300 seperti tahun lalu," ucapnya.

Baca Juga: Malbi Menjadi Lauk Jemaah Haji Embarkasi Palembang

Untuk jadwal keberangkatan, lanjut dia, kloter Embarkasi Medan telah ditetapkan sebagi kloter yang pertama berangkat. "Masuk Asrama Haji pada 11 Juli dan berangkat 12 Juli," tuturnya.

248

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR