Home Gaya Hidup Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Sambut Baik Eko Pastoral Care

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar Sambut Baik Eko Pastoral Care

Silangit, Gatra.com – Sebagai kelanjutan dari Eko Pastoral Care, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) melaui Departemen Marturia akan menggelar diskusi panel dan penaburan ikan di Kawasan Danau Toba (KDT) pada 5 Juli mendatang.

Rencana kegiatan tersebut disambut baik oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar. Dalam pertemuan antara Kepala Departemen Marturia, Pdt Anna Ch Vera Pangaribuan Bandar Udara (Bandara) Silangit, Kamis (27/6), Anna Ch Vera menjelaskan tentang Eko Pastoral Care yang sudah berjalan dengan sejumlah program.

Baca Juga: Dua Calon DPD Petahana Tumbang, Mantan Ephorus HKBP Raih Suara Terbanyak

Anna Ch Vera menuturkan program tersebut merupakan revitalisasi dan penyelamatan KDT dari kerusakan saat ini. Anna mengaku prihatin dengan kondisi KDT saat ini. Air sudah tercemar dan hutan-hutan penyangga KDT semakin gundul, bahkan kehidupan masyarakatnya semakin miskin meski alamnya kaya. Untuk itu, HKBP melalui program Eko pastoral Care terlibat secara langsung baik dalam pendampingan maupun aksi untuk memperbaiki kondisi tersebut.

“Eko Pastoral Care adalah sebuah refleksi dari pemahaman akan hidup yang bersaksi akan kasih Kristus ditengah-tengah dunia. Serta merupakan tri tugas panggilan gereja yang bergerak dibidang Koinonia, Maturia dan Diakonia. Tritugas ini bergerak melalui persekutuan, kesaksian dan pelayanan, secara khusus kesaksian atau pemberitaan Injil kepada seluruh makhluk adalah tugas pelayanan marturia,” katanya.

Baca Juga: Giatkan Program Eko Pastoral Care, HKBP Tabur Benih Ikan di Danau Toba

Departemen Marturia HKBP mengharapkan agar dalam diskusi panel tersebut, Siti Nurbaya Bakar dapat hadir dan menjadi pemateri. Selain itu, Anna juga berharap ada kerjasama antara Kementerian LHK dengan HKBP dalam mewujudkan pengembalian keasrian alam KDT.

Anna Ch Vera kepada wartawan mengatakan bahwa Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menyambut baik kegiatan tersebut. Namun karena ada agenda ke luar negeri, Siti Nurbaya Bakar tidak bisa menghadiri kelanjutan dari kegiatan Eko Pastoral Care, 5 Juli mendatang. Sebagai bentuk dukungan, Kementerian LHK akan mengutus Dirjennya untuk kegiatan tersebut.

Baca Juga: Soekirman, Orang Jawa Yang Mengistimewakan Batak

Pertemuan terbatas dengan Menteri LHK tersebut juga diikuti oleh Kepala Biro Zending HKBP Pdt. Antoni Manurung, Sekretaris Khusus Kepala Departemen Marturia Pdt. Jhonni Sirait dan Staf Depatemen Marturia Valen Butarbutar. Selain pihak HKBP, Bupati Taput Nikson Nababan juga ikut dalam perbincangan tersebut.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

465

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR