Home Gaya Hidup Glamping Kaliurang, Kemah Nyaman di Kaki Merapi

Glamping Kaliurang, Kemah Nyaman di Kaki Merapi

Sleman, Gatra.com - Mau berkemah tapi tak mau kehilangan suasana nyaman seperti di rumah bahkan di hotel? Anda bisa menjajal wisata kemah mewah atau glamorous camping alias glamping yang tengah tren saat ini.

Wisata ini cocok bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama dan beraktivitas di alam terbuka tanpa perlu repot-repot seperti kemah betulan.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, wisata glamping ini berada di kaki Gunung Merapi tepatnya di Desa Lor Sambi Recreational Park, Jalan Kaliurang Kilometer 19, Pakembinangun, Pakem, Sleman.

Anda bisa berkemah di sini dengan tenda yang telah tersedia. Tenda jenis bell tent ini nyaman dengan daya tampung maksimal hingga enam orang.

Di dalam tenda, sesuai paket glamping yang dipesan, ada matras atau ranjang, selimut, teko dan colokan listrik, televisi, hingga AC. Di luar tenda, suasana terasa syahdu karena area kemah dihiasi lampu-lampu cantik.

Sepanjang malam, pengunjung bisa menjalani kegiatan di alam bebas ala berkemah seperti api unggun, menyanyi bersama, dan menikmati minuman hangat juga jagung dan sosis bakar. Untuk kamar mandi, penyedia wisata telah menyipkan bilik-bilik toilet tak jauh dari tenda.

"Sebenanya sudah tidak asing sama glamping, tapi baru tahu kalau ada ini di Yogyakarta. Mau cari suasana yang beda aja. Liburan dengan suasana alam tapi tetap nyaman," ujar Risaza Madani, 22 tahun, kepada Gatra.com, yang bermalam di glamping, akhir pekan lalu.

Pagi harinya, setelah sarapan nasi goreng bersama peserta glamping lain di bangku panjang di tengah area tenda, wisatawan bisa menikmati sejuk dan bersihnya hawa udara Kaliurang, kaki Gunung Merapi.

Tak jauh dari lokasi ini juga ada sungai kecil dangkal yang bisa dipakai untuk bermain air, termasuk buat anak-anak. Dari Desa Lor Sambi juga mudah mengakses ke lokasi wisata lain di kawasan Kaliurang.

Sejak libur Lebaran, glamping Kaliurang selalu kedatangan tamu. Di libur sekolah ini, glamping juga cocok dinikmati bersama keluarga. Dengan wisata berkemah nan nyaman ini, orang tua dan anak-anak dapat menjalin keakraban, sambil melepas sejenak gadget.

Ferdi, 52 tahun, beserta istri dan tiga anak mereka, misalnya. Usai menyambangi kerabat di Solo, keluarga asal Bogor ini menghabiskan waktu dengan ber-glamping ria di Kaliurang. “Ini sudah nyaman banget buat sekeluarga,” kata Ferdi.

Pengelola memilih wisata glamping karena ingin menyajikan sensasi wisata secara berbeda, menarik, nyaman, dan efisien. "Glamping ini juga lebih dekat ke akses wisata, bisa dibongkar pasang, dan cepat bersih-bersih," ujar Diaz Kaslina, Managing Director Indekostour, penyedia jasa wisata glamping di Kaliurang ini.

Paket glamping reguler Indekostour ditawarkan mulai Rp135 ribu per orang untuk malam. Paket VIP-nya mencapai Rp850 ribu untuk satu tenda.

Selain di Kaliurang, Indekostour menawarkan wisata glamping di kawasan Waduk Sermo di Kulonprogo, Klangon di Sleman, dan kawasan Candi Plaosan di Klaten, Jawa Tengah.

 

 

 

4786