Home Olahraga Madagaskar Kejutkan Nigeria di Piala Afrika 2019

Madagaskar Kejutkan Nigeria di Piala Afrika 2019

Alexandria, Gatra.com - Pendatang baru Piala Afrika, Madagaskar mengejutkan publik setelah menang melawan Nigeria dengan skor 2-0 pada Senin (1/7) dini hari di Stadion Internasional Mesir. Padahal Nigeria kerap mejadi enam belas besar dan tiga kali mendapatkan juara Piala Afrika. 

Tim Madagaskar mampu memperoleh tujuh poin dari tiga pertandingan dan masuk enam belas besar Piala Afrika. 

Pada pertandingan di menit ke-12, Lalaina Nomenjanahary berhasil menerobos pertahanan lawan dan mencetak gol. Hal ini membawa Tim Madagaskar meraih peringkat 63 dunia. 

Pemain Madagaskar, Charles Andriamatsinoro ikut menyumbangkan angka, yang disusul gol dari Ahmad Ahmad melalui tendangan bebas pada menit-53. 

"Saya harus berterima kasih kepada para pemain yang membuat saya bangga dan rakyat Madagaskar bangga. Ini pencapaian nyata bagi kami," kata pelatih Madagaskar, Nicolas Dupuis dikutip dari AFP, Senin (1/7).

Negara yang berada di Kepulauan Samudera Hindia harus melalui babak penyisihan agar memenuhi kualifikasi. Ternyata target terlampaui dan berhasil lolos sebagai pemenang Grup B mengungguli Nigeria, Guinea, dan Burundi. 

Pelatih Tim Nigeria, Gernot Rohr mengatakan kekalahan Nigeria kemungkinan menciptakan pertandingan yang menarik dengan Kamerun atau Ghana di babak berikutnya. Sedangkan Madagaskar akan menghadapi tim yang berada di urutan ketiga Grup A, Grup C dan Grup D. 

" Apa yang terjadi pada Tim Madagaskar merupakan yang lebih baik pada hari ini. Gol pertama yang menakjubkan dari Tim Madagaskar. Setelah itu, kita tidak dapat menemukan solusinya," ujar Rohr. 

Rohr berujar, sebelumnya ia melakukan lima kali pergantian pemain saat perempat final. Namun, para pemain malah terlalu santai dan cenderung bermain aman. Pelatih Tim Nigeria ini mengakui pemainnya telah melakukan kecerobohan. Ia berharap pada pertandingan berikutnya, pemain dalam keadaan fokus dan tidak meremehkan kemampuan lawan. 

152