Home Milenial Paduan Suara UNS Berlaga di Italia

Paduan Suara UNS Berlaga di Italia

Solo, Gatra.com - Kelompok paduan suara Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan berkompetisi di kancah internasional, tepatnya di Italia, bulan Juli ini. Tak hanya satu, Voca Erudita akan mengikuti dua kompetisi di dua kota di negeri Pizza itu, yakni 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di kota Gorrizia dan 8th Florence International Choir & Orchestra Festival di kota Florence.
 
Juru bicara Voca Erudita, Muhammad Hazim Fauzi, mengatakan kompetisi ini melalui proses seleksi yang sangat ketat. "Ada 10 negara yang berpartisipasi dalam kompetisi ini. Perwakilan dari Indonesia hanya kami saja," ucapnya dalam konferensi pers di UNS, Senin (1/7).
 
Dua kompetisi ini rencananya digelar di lokasi dan waktu berbeda. Kompetisi pertama dilaksanakan 18-22 Juli 2019, sedangkan  kompetisi kedua di Florence dilangsungkan pada 24-26 Juli mendatang.
 
Para peserta kompetisi juga akan melaksanakan konser budaya di Villaricos, Andalusia. "Kami akan diberi kesempatan membawakan lagu tradisional dan lagu-lagu budaya Indonesia dalam konser tersebut," ucapnya.
 
Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan pihak kampus memberi dukungan penuh pada Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Voca Erudita. Apalagi Voca Erudita sudah sering menyabet penghargaan bergengsi dari dalam negeri dan internasional.
 
"Tahun 2017 lalu menyabet juara ketiga dalam 63rd International Choral Cintest Habaneras and Polyphoni Torrevieja di Spanyol.  Sebelumnya, juga di  2015, mereka berhasil memperoleh penghargaan dalam ajang 52nd Internationaler Chorwettbewerb Spittal an der Dau di Austria," ucapnya.
328