Home Gaya Hidup Borobudur Today 2019, Perdamaian Lewat Seni

Borobudur Today 2019, Perdamaian Lewat Seni

Magelang, Gatra.com – Lima belas seniman asal Vietnam dan Indonesia akan berkolaborasi menggelar pameran lukisan di galeri Limanjawi Art House, Borobudur, 23 Juli-20 Agustus 2019.

Seniman sekaligus pemilik galeri Limanjawi, Umar Chusaeni mengatakan pameran Borobudur Today 2019 mengambil tema “Art of Peaceful World”. Tahun ini adalah tahun ke-5 penyelenggaraan Borobudur Today.

"Kita ingin menyuarakan bahwa perdamaian dunia itu dari seni juga bisa. Bersama membuat acara yang menarik, saling berbagi, dan satu sama lain mengisi keindahan ini,” kata Umar kepada Gatra.com di Limanjawi Art House, Selasa (23/7).

Selama rangkaian acara sekitar satu bulan, para seniman akan diajak mengekplorasi Borobudur sebagai sumber ide mencipta karya seni rupa. Mereka akan dipandu menelusuri sudut-sudut candi, bahkan meresapi kebudayaan masyarakat di sekitarnya.

Galeri Limanjawi menggelar pameran Borobudur Today 2019 (GATRA/ Angga Haksoro/ar)

“Kami melihat Borobudur layaknya perpustakaan seni rupa. Kami ajak para seniman melihat candi lebih dekat. Setelah itu membuat karya tentang Borobudur dari sudut pandang masing-masing.”

Pameran Borobudur Today 2019 dibuka malam ini oleh kolektor seni Dr Melani W Setiawan. Dipentaskan juga pertunjukan tari tradisional dalam kemasan modern.

“Borobudur itu karya seni oleh nenek moyang bangsa kita. Hari ini, kita anak cucu para pembuat candi itu juga ingin melestarikan, 'menghargai' para pembuat Borobudur.”

964