Home Kesehatan Peduli Kesehatan Jiwa di Panti Giri Wonogiri

Peduli Kesehatan Jiwa di Panti Giri Wonogiri

Wonogiri, Gatra.com – Yayasan Bagi Hati Bagi Jiwa Indonesia mengadakan kegiatan volunteer trip di Panti Giri Sion, Wonogiri. Melalui  gerakan Heart of People (HOPe), kegiatan ini bentuk kepedulian pada penghuni panti Giri Sion sekaligus untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar pada kesehatan jiwa.

Panti Giri Sion merupakan panti yang menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan bertajuk gerakan Heart of People (HOPe) ini dilaksanakan selama tiga hari, 21-23 Agustus.

”Kegiatan ini sudah dilakukan selama empat kali. Selain self care, ada art therapy di mana para pasien melukis bersama, lalu juga berkebun dan senam bersama. Kami juga mengadakan bazar murah sembako dan sandang, serta pemeriksaan kesehatan bagi warga sekitar,” ucap ucap pendiri sekaligus Ketua Gerakan HOPe, Adi Chandra Permana Putra.

Dengan kegiatan ini, pihaknya berharap akan ada banyak pihak yang peduli pada kesehatan mental. ”Sehingga banyak ODGJ dan ODMK yang terbantu,” ucapnya.

Hope
Gerakan Heart of People (HOPe). (Dok. Komunitas Yayasan Bagi Hati Bagi Jiwa Indonesia/ft)

Apalagi saat ini Jawa Tengah menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak latar belakang dan cerita tentang penderita gangguan mental. "Sayangnya sangat minim orang yang bersedia menampung dan mengarahkan,” ucap  co-founder Yayasan Bagi Hati Bagi Jiwa Indonesia, Aryani Soetopo.

Ketua yayasan ini, Endang Sri Dewi, mengatakan salah satu cara untuk merawat orang dengan gangguan kejiwaan yakni dengan mengunjungi mereka secara rutin. Sebab selama ini mereka merasa disingkirkan oleh keluarga. ”Dengan adanya komunikasi dan interaksi dari tamu yang datang tentunya akan baik untuk kesehatan jiwa mereka,” ucapnya.

1842