Home Politik Pemindahan Ibu Kota Diramalkan Bakal Seperti Mobil Esemka?

Pemindahan Ibu Kota Diramalkan Bakal Seperti Mobil Esemka?

Jakarta, Gatra.com - DPR RI segera membentuk panitia khusus (pansus) pemindahan ibu kota negara. Pansus ini akan membahas Rancangan Undang-Undang tentang pemindahan ibu kota.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan pansus ini hal yang wajar. Terlebih Presiden Jokowi telah mengumumkan rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. 

"Kalau memang diperlukan untuk pansus, saya kira ini lintas komisi ya. Tidak hanya satu komisi panja saja, saya kira ini diperlukan untuk membahas dan menentukan langkah-langkah berikutnya," kata Fadli Zon di gedung DPR, Rabu (28/8).

Secara pribadi Fadli Zon mengkritisi kebijakan pemindahan ibu kota. Pemindahan dinilai tidak realitis karena dilakukan di saat sedang terjadi perlambatan pertumbuhan perekonomian.

"Secara pribadi, saya tidak melihat ada timing yang tepat sekarang ini untuk memindahkan Ibu kota. Kalau pertumbuhan kita ini sudah di atas 8, 9, 10 persen itu mungkin tidak ada masalah gitu."

Politisi Gerindra ini menyebut pemindahan ibu kota yang diinisiasi Jokowi baru bisa jadi sebatas angan. Terlebih, keadaan ekonomi global saat ini belum stabil.

"Sekarang kita masih terseok-seok dan apalagi di situasi ekonomi global seperti sekarang. Menurut saya ini ujungnya cuma jadi angan-angan saja gitu loh. Seperti Esemka, diomongin tapi tidak jadi."
 

228