Home Gaya Hidup Tak Kalah dengan Hawai, Nias Punya Pesona Menawan

Tak Kalah dengan Hawai, Nias Punya Pesona Menawan

Jakarta, Gatra.com - Kepulauan Nias yang terletak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki pesona wisata bahari yang tak kalah dengan Hawai. Pulau Nias terkenal di kalangan para surfer dunia, karena memiliki beberapa spot surfing terbaik dunia, salah satunya Pantai Sorake. Pantai yang terletak di teluk Lagundri, sebelah selatan Pulau Nias ini memiliki panorama yang memukau.

Asisten Deputi Seni Budaya dan Olahraga Bahari Kemenko Maritim, Kosmas Harefa, mengatakan, untuk mendorong kunjungan wisatawan di Nias, tahun ini digelar rangkaian acara Sail Nias 2019. Acara ini dimeriahkan oleh 18 rangkaian kegiatan menarik yang digelar selama 3 bulan selama Juli-September 2019 di 5 kabupaten/kota Kepulauan Nias.

Baca juga: Nias Siap Gelar Sail Nias 2019

Puncak acara Sail Nias 2019 akan digelar pada 10-14 September 2019. "Berbareng dengan Sail Nias 2019 akan digelar surfing di Pantai Seloki. World Surfing League ini akan diikuti sekitar 3.000 surfer [peselancar]. Ini akan menjadi mega event yang luar biasa," ujarnya dalam acara diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Graha Pengayoman, Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (29/8).

Sementara ktu, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Pemerintah Provisi Sumut, Ria Nofida Telaumbanua, mengatakan, Nias mempunyai potensi pariwisata yang besar.

Baca juga: Kebutuhan Dana Investasi Pemkab Nias Capai Rp5 Triliun

"Selain menjadi spot surfing terbaik, tradisi budaya setempat juga menjadi daya tarik tersendiri. Di kawasan Nias Selatan juga ada situs megalitikum yang berusia ribuan tahun. Ini semua akan membuat acara Sail Nias 2019 menjadi unik," ungkapnya.

Kegiatan menarik yang akan memeriahkan puncak acara Sail Nias 2019, di antaranya Festival Lompat Batu, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Kuliner, Wonderful Foto Tourism Expo, Fishing Tournament Sail Nias, Free Diving Competition, Wind Surfing, dan sailing

559