Home Politik Koalisi Masyarakat Ingin Jokowi Coret Capim KPK Bermasalah

Koalisi Masyarakat Ingin Jokowi Coret Capim KPK Bermasalah

Jakarta, Gatra.com - Koalisi Masyarakat Sipil Darurat KPK mendatangi KPK untuk bergabung dengan para pegawai KPK yang mendukung agar Presiden Jokowi mencoret calon pimpinan KPK yang bermasalah.

"Kami meminta Presiden tidak meloloskan calon pimpinan KPK yang terbukti tidak berkualitas maupun berintegritas," ujar perwakilan koalisi masyarakat sipil, Kurnia Ramadhana, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (30/8).

Menurut Kurnia, Presiden haruslah mencoret calon pimpinan KPK yang tidak melaporkan harta kekayaannya, punya konflik kepentingan, diduga terlibat pelanggaran etik, mengancam pemberantasan korupsi, dan rekam jejak buruk di masa Ialu sehingga tidak diloloskan dalam seleksi.

"Presiden harus betuI-betul memilih calon Pimpinan yang berintegritas untuk diajukan ke DPR RI. Jika ini tidak dilakukan, apakah Bapak Presiden akan dikenang sebagai Presiden yang melumpuhkan KPK?," kata Kurnia.

Dia menambahkan KPK telah melakukan berbagai terobosan dalam upaya pemberantasan korupsi. Upaya itu tak pernah mudah. Serangan baIik para koruptor kerap dialami KPK agar intitusi anti rasuah itu melemah atau bubar.

"Mulai dari ancaman fisik seperti penyerangan kepada Novel Baswedan dan puluhan pegawai lainnya, kriminalisasi penyidik KPK, upaya mengubah Iegislasi untuk mengebiri kewenangan KPK, sampai upaya intervensi kasus yang ditangani," pungkasnya.

 

140