Home Politik Walikota Sungaipenuh Berusaha Anaknya Lawan Kotak Kosong

Walikota Sungaipenuh Berusaha Anaknya Lawan Kotak Kosong

Sungaipenuh, Gatra.com - Walikota Sungai Penuh Asyafri Jaya Bakri (AJB) all out dan turun gunung langsung untuk menambah parpol koalisi, dalam pengusungan anak kandungnya Fikar Azami di Pilwakot Sungai Penuh pada 2020 mendatang. Setelah mendapatkan mandat partai Nasdem yang menempatkan istrinya Emi Zola sebagai ketua DPD Nasdem Kota Sungai Penuh, AJB dikabarkan sangat inten berkomunikasi dengan PAN dan PKS.

Sebelumnya, sejak jauh hari Hanura dan PPP sudah memiliki hubungan harmonis dengan AJB. Saat ini, Fikar Azami dipastikan memiliki modal awal dua partai pengusung dan telah melebihi persyaratan dari 5 kursi di DPRD sebagai calon Walikota. Partai Demokrat 6 kursi dan Nasdem 2 kursi.

Apabila hubungan harmonis Hanura dan PPP dengan AJB berlanjut, dan juga berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Nasdem, Fikar Azami memiliki dukungan 14 kursi di DPRD Kota Sungaipenuh. Tidak puas dengan PPP dan Hanura, AJB juga intens berkomunikasi dengan PKS dan PAN. Apabila PAN dan PKS ikut berkoalisi, maka Fikar sudah memiliki dukungan 20 kursi.

Tinggal merebut satu kursi lagi, Fikar dipastikan akan melawan kotak kosong atau melawan calon independen. Dengan dikuasainya 21 kursi dari 25 kursi di DPRD Kota Sungaipenuh, maka jumlah kursi parpol yang mengusung kurang satu kursi dan tidak dapat mengusung satu paslon.

“Bisa jadi lawan kotak kosong atau melawan calon independent. Maju dari independent memang sulit, “kata sumber. Bendahara PAN, Adharianto tidak menepis AJB saat ini terus menjalin komunikasi dan intens mendekati PAN. “Hubungan AJB dan PAN cukup bagus. PAN sangat terbuka komunikasi dengan partai apapun termasuk dengan demokrat.” ucapnya.

1229