Home Milenial Empat Pendaki Asal Aceh Nyasar di Gunung Kerinci

Empat Pendaki Asal Aceh Nyasar di Gunung Kerinci

Kerinci, Gatra.com – Diadang hujan deras dan kabut tebal, empat pendaki asal Provinsi Aceh nyasar di Gunung Kerinci. Informasi yang didapat Gatra.com, keempat pendaki tersebut naik ke Gunung Kerinci pada Senin (9/9), dan dijadwalkan turun pada Rabu ini (11/9).

Petugas Pos Gunung Kerinci, Dudung, saat dikonfirmasi membenarkan adanya pendaki asal Aceh yang nyasar di Gunung Kerinci. Menurutnya, petugas mendapat informasi malam tadi. “Kami dapat informasi malam tadi, dan langsung menerjunkan tim ke lokasi,” katanya. 

Dudung menjelaskan pada jam lima sore kemarin, empat pendaki tersebut sempat berkoordinasi dan meminta arahan. Mereka diadang kabut tebal menjelang shelter III. “Mereka salah jalur, melenceng 400 meter ke arah barat, tiga punggungan dari rute yang seharusnya,” ucapnya.

Beruntung empat pendaki ini masih bisa tertolong, karena mereka mengikuti arahan petugas untuk tetap diam dan tidak bergerak dari titik terakhir. 

“Jam 4 subuh tadi ditemukan petugas. Kondisi mereka sudah ngedrop karena kelelahan. Tim SAR yang dipimpin Levi, sedang membantu pendaki menuju shelter III,” katanya.

Kepala Resort Kerinci Utara, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BB-TNKS), Eva Rilzal Mirza, mengaku pihaknya menurunkan semua kemampuan yang ada, untuk menjaga keselamatan pendaki yang naik di Gunung Kerinci.

“Kita selalu siap 24 jam untuk mengamankan pendaki. Makanya kami selalu tegas, agar pendaki mengikuti semua prosedur yang ditetapkan oleh petugas,” katanya.

1899